Saingi Tesla, Xpeng Motors Diguyur Investasi Pemerintah China 500 Juta Yuan

new malang pos
CEO XpengMotors berdiri di sebelah P7, mobil listrik sedan pada saat pameran otomotif di Beijing 2020.

NewMalangPos – Produsen Kendaraan Listrik Xpeng Motors baru saja mendapatkan angin segar dari pemerintah China Provinsi Guangdong.

Dana sebesar 500 juta Yuan atau (Rp 1,1 Triliun) berasal dari Guangdong Yuecai Investment Holdings Co cabang investasi provinsi ini rencananya akan digunakan untuk “mempercepat ekspansi bisnis perusahaan,” kata Xpeng dalam sebuah pernyataan.

Xpeng yang berkantor pusat di Guangzhou pusat kota dari provinsi Guangdong itu telah berfokus pada pengembangan kendaraan dengan tenaga baru dan sistem mengemudi otomatis.

Selain Xpeng, produsen mobil listrik yang didukung Warren Buffett BYD, Pony.ai, WeRide, dan AutoX juga berbasis di Shenzhen, pusat teknologi di Guangdong.

Baca Juga :  Long Dress Lemon Simpel Nan Elegan

Sejak penawaran umum perdana US $ 1,5 miliar pada bulan Agustus 2020 lalu, Xpeng terus mengumpulkan dana untuk mendorong pertumbuhannya, meningkatkan produksi, dan berperang melawan rival domestik serta Tesla.

Pada bulan September, Xpeng menerima pembiayaan 4 miliar yuan dari tangan pemerintah Guangzhou. Dilanjutkan pada bulan Januari, perusahaan mendapatkan batas kredit 12,8 miliar yuan dari bank-bank besar milik negara.

Xpeng telah berfokus pada pembangunan dan penciptaan manufaktur dengan dua pabrik di Zhaoqing dan pabrik Guangzhou yang masih dalam tahap proses pembangunan. Setelah lonjakan besar pada tahun 2020, saham Xpeng berada di bawah tekanan dan turun sekitar 18% year-to-date pada tahun ini. (cnbc/mg3/ley/nmp)