Sabtu Wajib Sambang Wisata

new malang pos

NewMalangPos– Program Sambang Wisata yang diusung Bupati Malang HM Sanusi dilakukan setiap Sabtu. Ini merupakan kegiatan mendatangi tempat-tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

“Sabtu (27/2) lalu sudah mengawali dengan melakukan Sambang Wisata di wilayah Gondanglegi dan Bantur. Sabtu pekan ini melakukan kegiatan yang sama di wilayah atau kecamatan lain,” jelas Sanusi.

Dia mengatakan Sambang Wisata untuk melihat potensi wisata yang ada. Harapannya potensi tersebut dapat dikembangkan. “Selain melihat potensi wisata, kami juga melihat sarana pendukungnya. Seperti infrastruktur.  Jika kondisi infrastrukturnya rusak kita perbaiki. Karena salah satu yang mendukung tempat wisata banyak dikunjungi wisatawan adalah infrastruktur yang baik,” terangnya.

Baca Juga :  Tetap Bersitegang dengan Satpol PP

Perbaikan infrastruktur dikatakan Sanusi juga menjadi prioritasnya dan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. Sehingga setiap hari Sabtu juga akan dilakukan kerja bakti menambal lubang jalan.

Sanusi juga tak menampik keberadaan tempat wisata tidak lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM). Lantaran itu ia meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan lebih serius melakukan pembinaan.

“Untuk SDM akan ditangani langsung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Mereka akan mendapatkan pelatihan. Sehingga saat wisatawan datang dapat terlayani dengan baik,” tambah Sanusi.

Baca Juga :  Mau Pulang Usai Antar Jenazah Covid-19, Anggota PSC Tewas Tabrak Truk

Dia mengatakan salah satu daya tarik tempat wisata dikunjungi wisatawan adalah selain bagus, tempatnya bersih, infrastrukturnya baik, juga rasa aman. Saat wisatawan datang atau berkunjung maka mereka pun merasa nyaman.

Sanusi berharap program Sambang Wisata ini, pariwisata di Kabupaten Malang berkembang. Perkembangan itu berdampak pada kemajuan pembangunan yang itu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Seiring dengan itu juga, Sanusi pun meminta dukungan masyarakat. Dia mengatakan untuk pengembangan pariwisata tidak hanya menjadi  tanggung jawab pemerintah. Tapi semuanya harus bersinergi.

“Makanya harus ada keseriusan dalam pengelolaan. Semuanya harus bekerjasama, sehingga bisa berkembang sesuai yang diinginkan,” tandasnya..

Baca Juga :  Pendaftaran Subsidi UMKM Diperpanjang

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara siap memberikan pembinaan kepada para pelaku wisata. Selama ini Made mengatakan setiap tahun selalu ada program pelatihan untuk pelaku wisata.

“Setiap tahun ada kegiatan pelatihan para pelaku wisata. Tujuannya meningkatkan kualitas,” ungkapnya.

Dia bersyukur karena selama program pembinaan pelaku wisata, ada perkembangan potensi wisata di Kabupaten Malang. Itu terbukti dengan munculnya destinasi-destinasi wisata baru di wilayah Kabupaten Malang.(ira/van)