Ragam Buah untuk Meningkatkan Imun Tubuh

2

NEW MALANG POS – Beberapa jenis buah bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Apalagi, di tengah terpaan wabah virus corona seperti ini, sistem kekebalan tubuh perlu sokongan.

Kendati memang, para pakar nutrisi dan dokter setuju bahwa menangkal virus adalah perkara pelik yang bukan sekadar mengonsumsi buah atau sayuran secara ekstra. Tak satupun makanan yang dapat betul-betul diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, memasukkan jenis buah tertentu ke menu makan Anda akan mendatangkan manfaat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Melansir Fruits and Veggies, beberapa zat berperan penting menopang imun tubuh di antaranya antioksidan vitamin E, vitamin D, mineral selenium dan seng.

Berikut beberapa buah yang disarankan untuk mendukung sistem imun tubuh, dilansir CNN Indonesia.

Jeruk

Vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih yang jadi kunci untuk melawan infeksi. Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C tinggi.

Beberapa di antaranya jeruk bali, jeruk nipis, jeruk, jeruk lemon dan, jeruk nipis.

Perlu diingat, meskipun vitamin C dapat membantu tubuh pulih dari flu dengan lebih cepat, tapi belum ada bukti bahwa vitamin C efektif melawan virus corona.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang juga sarat akan vitamin C. Buah ini juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain dan memiliki efek anti-inflamasi.

Buah berwarna oranye ini memiliki jumlah kalium, magnesium, dan folat yang cukup. Semua nutrisi ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Trik Makan Sehat Untuk Cegah Corona

Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan banyak nutrisi penting termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C, diketahui berfungsi meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

Semangka

Buah ini tak hanya menyegarkan, tapi juga kaya akan antioksidan yang disebut glutathione guna memperkuat sistem kekebalan. Dengan begitu, tubuh mampu melawan infeksi.

Jus Delima

Jus ini diketahui dapat membantu tubuh melawan bakteri dan beberapa jenis virus, termasuk flu.

(ans/NMA/CNNI)