PSG Hajar Tuan Rumah Munchen, Sejumlah Rekor Tercipta

4
PSG permalukan Munchen di kandang sendiri. (REUTERS/KAI PFAFFENBACH/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos– Jawara bertahan Bayern Munchen harus menyerah dari PSG dengan skor ketat 2-3 di leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Kamis (8/4) dini hari waktu Indonesia.
Munchen gagal memanfaatkan kesempatan menjadi tuan rumah dengan baik pada pertemuan pertama di babak delapan besar tersebut.

Tim tamu PSG membuka keunggulan lewat gol cepat Kylian Mbappe pada menit ketiga usai memanfaatkan assist Neymar. Les Parissiens kembali menambah gol pada menit ke-28 setelah Marquinhos membobol gawang Manuel Neuer berkat umpan Neymar.

Melansir CNN Indonesia, Kamis (8/4), gol dari FC Hollywood baru bisa tercipta pada menit ke-37 lewat sumbangan mantan pemain PSG Eric Choupo-Moting setelah menerima operan Benjamin Pavard.
Tim asuhan Hansi Flick itu bisa menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit ke-60 berkat gol Thomas Muller yang memanfaatkan assist Joshua Kimmich.

Akan tetapi, PSG membawa modal penting untuk leg kedua nanti setelah Mbappe mencetak gol keduanya dalam laga tersebut sekaligus memberikan kemenangan 3-2 bagi klub ibu kota Prancis itu.
Gol kedua Mbappe tersebut tercipta pada menit ke-68, kali ini berkat assist winger Argentina Angel di Maria.

Kemenangan PSG atas Munchen itu tidak saja jadi awal revans pada final Liga Champions musim lalu yang kalah 0-1, tetapi juga menciptakan sejumlah rekor.

Baca Juga: Reklame Surya Pro Permalukan Pemkot

3 Rekor Usai PSG Hajar Munchen di Liga Champions:

  1. Tim Pertama

PSG jadi tim pertama yang mengalahkan Bayern Munchen di Liga Champions sejak Maret 2019. Ketika itu Munchen kalah 2-3 dari Liverpool di leg kedua babak 16 besar di Allianz Arena.
Tiga gol The Reds yang dicetak Sadio Mane (2 gol) dan Virgil van Dijk hanya dibalas Munchen lewat gol bunuh diri Joel Matip. Kekalahan dari Liverpool itu sekaligus menyingkirkan Munchen dari Liga Champions.

  1. Manajer Pertama
    Setelah kalah dari Liverpool pada musim 2018/2019, Munchen tampil begitu perkasa di Liga Champions musim 2019/2020 hingga akhirnya menjadi juara setelah menyapu bersih kemenangan dalam 11 pertandingan.
    Total, sejak awal musim lalu hingga sebelum melawan PSG, Hansi Flick membawa Munchen tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan, 18 di antaranya meraih kemenangan.
    Akan tetapi, rekor impresif Munchen itu patah di tangan Mauricio Pochettino yang menjadi pelatih pertama yang mengalahkan Munchen sejak Maret 2019.
  2. Assist Terbanyak
    Dua assist Neymar kepada Marquinhos dan Mbappe membuat striker asal Brasil itu mencatatkan umpan terbanyak di Liga Champions sejak 2013/2014.
    Lewat dua umpan itu, Neymar yang mengoleksi 26 assist mengungguli assist milik Cristiano Ronaldo (23), Angel di Maria (20), dan Lionel Messi (18). (sry/ptr/cnni/mg2/ley/nmp)