Propemperda Tahun 2021, Targetkan 12 Raperda Selesai Tahun ini

TINGKATKAN : Peningkatan pelayanan persampahan di Kota Batu menjadi fokus utama Pemda dengan mengusulkan produk hukum.

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Tiga Raperda usulan legislatif bakal segera diparipurnakan bulan ini. Tiga produk hukum tersebut adalah Raperda Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL), Raperda Penyelenggaraan Ketertiban Masyarakat dan Raperda Narkotika.

“Inysa Allah tiga Raperda tersebut bulan ini bisa diparipurnakan. Saat ini kami tinggal menunggu pembahasan di Bagian Hukum Provinsi yang bisa dibilang cukup lama karena harus antre dengan Perda yang diajukan dari seluruh daerah di Jatim,” ujar Ketua Propemperda Kota Batu, Syaifudin kepada New Malang Pos Senin (13/9).

Baca Juga :  2021, Pemkot Target Retribusi Daerah Rp 18,1 M

Lebih lanjut, setelah tiga Raperda usulan legislatif tersebut diparipurnakan. Pihaknya akan segera menggarap tiga Raperda usulan eksekutif.

“Setelah selesai dari kami, akan dilanjut untuk membahas tiga Raperda usulan eksekutif. Saat ini kami sudah meminta agar Bagian Hukum Setda Kota Batu untuk menyiapkan. Dengan begitu setelah tiga Raperda usulan legislatif disahkan, bisa dilanjutkan yang usulan eksekutif,” bebernya.

Syaifudin menyampaikan bahwa pekerjaan rumah harus digarap oleh legislatif agar 18 Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021 bisa terselesaikan seluruhnya tahun ini cukup sulit. Pasalnya dari total 18 Propemperda yang diajukan masih tiga Perda yang paripurna.

Baca Juga :  Dewan Desak Produksi Pupuk Sendiri

Diungkapnya bahwa kurang maksimalnya dalam menggarap Raperda karena beberapa alasan seperti diberlakukannya PPKM Darurat. Sehingga dengan melihat sisa waktu yang ada pihaknya menargetkan setidaknya 12 Raperda bisa diselesaikan.

“Meski masih tiga Perda yang kami selesaikan. Kami akan tetap optimis agar setidaknya bisa menyelesaikan 12 Raperda. Baik itu usulan legislatif maupun eksekutif,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Batu, Maria Inge Sandrasari Susanti mengatakan bahwa pihaknya akan mengusulkan tiga Raperda usulan eksekutif bulan depan.

Baca Juga :  Khofifah: Semua Kades Siapkan e-Commerce UMKM Desanya

Tiga Raperda tersebut adalah perubahan atas Perda Nomor 17 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan. Kemudian ada Raperda Retribusi Penyediaan atau Penyedotan Kakus dan Raperda Retribusi Pelayanan Kesehatan.

“Tiga Raperda ini bertujuan pada pelayanan lingkungan dan kesehatan. Harapannya Pemerintah Daerah bisa semakin meningkatkan pelayanan dan meningkatkan fasilitas di bidang lingkungan dan kesehatan,” pungkasnya. (eri)

Pilihan Pembaca