Prodi HKI Unisma Raih Akreditasi Unggul

11
new malang pos
Rektor Universitas Islam Malang Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si menyampaikan keterangnnya terkait perolehan Akreditasi Unggul oleh Prodi Hukum Keluarga Islam. (NMP-IMAM)

NewMalangPos, MALANG-Satu lagi program studi di Universitas Islam Malang (Unisma) meraih nilai Akreditasi Unggul (Akreditasi A). Kali ini diraih Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) atau yang dulu dinamakan Ahwal Syakhshiyyah. Nilai akreditasinya pun sangat mengesankan. Jumlahnya 374 dari 400. Sebuah nilai akreditasi yang sangat memuaskan.

Itu yang diungkapkan Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si  saat memberikan keterangan akan pencapaian tersebut.

“Alhamdulillah kami kembali mendapatkan rezeki yang luar biasa. Berupa kabar gembira diperolehnya nilai akreditasi unggul untuk Prodi HKI dengan nilai 374. Menurut kami ini hebat, karena untuk mencapai nilai akreditasi 360 saja sangat susah,” ujarnya.

Tambahan nilai akreditasi A dari program studi sekali lagi menjadi bukti akan mutu dan kualitas Unisma sebagai perguruan tinggi unggul. Untuk mencapai nilai itu bukan perkara mudah. Ada banyak kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi syarat.  Antara lain dilihat dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), kesiapan kurikulum, kelengkapan sarana prasarana, perpustakaan, penelitian dosen, kerjasama, alumni, pengguna dan lain-lain.

“Porsi nilai terbesar ada pada kualitas SDM. Dari sisi ini, di HKI sudah 60 persen dosen bergelar doktor. Dan berikutnya porsi penilaian di bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Maskuri.

Proses assesmentnya juga tidak singkat.  HKI Unisma menjalani proses yang panjang. Mulai tahap assessment administrasi. Dalam bidang ini penilaian portofolio. Prodi diharuskan mengisi borang untuk kemudian dikirim ke Jakarta. Selanjutnya dilakukan penilaian untuk menentukan layak atau tidak dilakukan assessment lapangan.

Setelah dinyatakan layak, para asesor dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan peninjauan dan penilaian langsung ke kampus. “Asesmen lapangan dilaksanakan minggu lalu. Dan Alhamdulillah, sertifikat akreditasi unggul kami terima pada Rabu 17 Februari 2021,” ungkap Maskuri, saat ditemui di ruang kerjanya.

Dengan nilai akreditasi A atau unggul, tentu kepercayaan masyarakat kepada Unisma semakin meningkat. Karena nilai akreditasi menjadi salah satu parameter objektif bahwa sebuah perguruan tinggi memiliki daya saing dan keunggulan. Kelayakan sebuah universitas, fakultas atau prodi dalam tataran akademik berkualitas juga dinilai dari nilai akreditasi.

Kemanfaatan itu terlebih dirasakan oleh para mahasiswa. Akreditasi unggul semakin membuka peluang dan kesempatan yang lebih lebar untuk terserap di dunia kerja. Karena sudah tentu bidang-bidang yang menjadi akreditasi berimbas pada kompetensi dan kemampuan mahasiswa di bidang keilmuannya. “Mahasiswa kami dari prodi HKI sudah banyak terserap di dunia kerja. Mereka ada yang diterima di Kementerian Agama, perbankan, pemerintahan daerah dan sebagainya,” tutur Maskuri. (imm/jon)