Pria Paruh Baya Bobol Kotak Amal Masjid

13
CONGKEL GEMBOK : Salah satu marbot masjid menunjukkan kotak amal yang dirusak pelaku saat melancarkan aksi pembobolan.(NMP - MOCH. REXY QOLBI ANURA)

MALANG, NewMalangPos – Aksi pembobolan kotak amal kembali terjadi, kali ini pelaku hampir menggasak uang senilai Rp. 4 juta di Masjid Al-Mubarokah, Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Kejadian tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 21.30, pada Jumat, (19/3) oleh marbot masjid yang biasa membersihkan dan menjaga masjid tersebut.

Wakil Kepala Pengurus Masjid Al-Mubarokah, H. Zainullah, menyampaikan bahwasanya kejadian ini merupakan kali kedua dalam tahun ini saat ditemui New Malang Pos pada, Minggu, (21/3). Ia menuturkan kejadian kali ini terjadi, setelah kegiatan pengajian rutin di masjid, dan kondisi masjid sepi serta tidak ada orang.

“Saya pulang dari pengajian itu jam 20.30, nggak lama kemudian sekitar jam 21.30 saya dihubungi marbot kalau kotak amal masjid dibobol orang,” ungkapnya.

Ia menyampaikan marbot sebenarnya juga sudah pulang ke rumah, tetapi saat itu merasa ada yang mengganjal dan tidak enak di hati. Ia pun langsung saja menuju masjid untuk mengecek, dan ketika sampai ia melihat ada orang yang keluar dari masjid.

“Pas marbot datang, posisi kotak amal sudah tidak di tempat, ia pun panik dan menemukan kotak amal dalam posisi terbuka di sudut area serambi masjid,” terangnya.

Zainullah pun langsung dihubungi marbot masjid, dan si marbot lari untuk mengejar orang yang barusan berpapasan dengannya. Atas petunjuk warga yang melihat, marbot pun mengejar dan mendapati pelaku berada sekitar 100 meter dari masjid.

“Pelaku sempat kami tangkap tapi dia mengelak dan tidak mengakui perbuatannya, karena kami tidak ada bukti kuat, akhirnya dilepaskan,” ujarnya.

Masih penuh tanda tanya, si marbot pun kembali ke masjid bersama dengan Zainullah dan langsung mengecek CCTV masjid. Ternyata dari ciri-ciri yang tertangkap kamera CCTV, pelaku memang orang yang ditangkap sebelumnya itu.

Setelah itu Zainullah dan marbot masjid mengecek isi dari kotak amal yang dibobol pelaku. Saat dicek dan dihitung, uang masih ada sekitar empat juta rupiah, cuma untuk jumlah awal ia juga tidak mengetahui karena belum pernah dibuka sejak dua bulan lalu.

Berdasarkan rekaman CCTV, pelaku yang telah melaksanakan salat itu terlihat memantau area masjid dan mengecek beberapa kotak amal. Kemudian pelaku sempat duduk di teras beberapa saat, hingga akhirnya memindahkan satu dari tiga kotak amal yang ada ke pojok utara serambi masjid, dan langsung melancarkan aksinya.

“Kami tidak tahu apakah diambil atau tidak (uang dalam kotak amal), yang jelas posisi kotak amal sudah terbuka lebar dan di dalamnya masih ada uang sekitar empat juta rupiah,” jelasnya. (rex/ggs)