POLINEMA Jajaki Kerjasama Dengan Lanud Abdul Rahman Saleh

7

Malang, NewMalangPos– Direktur POLINEMA, Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M., bersama Ketua Jurusan Teknik Mesin, Kaprodi D-III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (TPPU), dan Kepala UPT Humas melakukan kunjungan kerja dalam rangka penjajakan kerjasama ke Lanud Abdul Rahman Saleh pada Rabu (14/4/2021).

Kunjungan diterima oleh Danlanud Abdul Rahman Saleh, MARSMA TNI Wayan Superman, didampingi oleh Danwing 2, Dandepo Har 30 serta  Kolonel Lek Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T.,  yang merupakan Dosen Luar Biasa di Polinema.

Direktur Polinema mengatakan Jurusan Teknik Mesin memiliki Prodi D-III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara yang diharapkan dapat berkolaborasi dengan Lanud Abdul Rahman Saleh terutama bagi mahasiswa D-III TPPU untuk melakukan kunjungan, PKL dan magang, yang merupakan program wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa selama 3 bulan.

Selain itu Direktur berharap adanya kolaborasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kuliah umum dan dosen industri dari Lanud Abdul Rahman Saleh.

Danlanud Abdul Rahman Saleh,  MARSMA TNI Wayan Superman, sangat antusias dan menyambut baik kunjungan dan rencana kerjasama ini serta meminta jajarannya untuk dapat menyiapkan ruang lingkup yang dapat di-MoU-kan dengan Polinema. Akan ada dua MoU  yaitu dengan Lanud Abdul Rahman Saleh dan Depo Pemeliharaan 30.

“Kami membuka diri untuk kerjasama di bidang pendidikan. Lanud Abdul Rahman Saleh memiliki sarana prasarana dan sumber daya manusia. Selama ini kerjasama yang telah ada dengan perguruan tinggi berupa PKL, namun untuk kerjasama secara resmi selama saya menjabat baru dengan POLINEMA. Harapan saya, ayo kita buat pintar bangsa ini, generasi muda harus pinter,” kata Danlanud Abdul Rahman Saleh.

Dosen Luar Biasa POLINEMA, Kolonel Lek Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T.,  mengatakan adanya kerjasama ini diharapkan POLINEMA dapat membantu pelaksanaan tugas di TNI AU seperti sistem informasi logistik dan sistem personil.

“Kerjasama ini juga dapat meningkatkan cinta dirgantara khususnya bagi mahasiswa. TNI merupakan bagian dari rakyat. Lanud Abdul Rahman Saleh sangat terbuka untuk melakukan kerjasama,” kata Kolonel Lek Arwin.

Komandan Depo Pemeliharaan 30, Kolonel Rudolf P. Buulolo, S.E., M.M., menjelaskan bahwa Depo Pemeliharaan 30 berkecimpung pada pemeliharaan engine pesawat propeler untuk jenis pesawat Cassa dan Hercules.

Direktur POLINEMA mengatakan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan mahasiswa, dosen industri dari Depo Pemeliharaan 30 dapat mengajar di POLINEMA. Teknisi lulusan SMA/SMK yang ada di Depo Har 30 juga dapat meningkatkan jenjang pendidikannya melalui program RPL di jenjang D-III di Polinema.

Setelah melakukan pertemuan dengan Danlanud Abdul Rahman Saleh, Direktur Polinema berkesempatan mengunjungi Skadron Teknik, Depo Pemeliharaan 30 dan beberapa bengkel yang ada di Depo Pemeliharaan 30.(*/nda)