PMK Butuh Dua Posko Baru

UPT PMK Kota Malang mengajukan beberapa fasilitas tambahan untuk mewaspadai kejadian kebakaran yang masih marak di Kota Malang.

NEW MALANG POS, MALANG – Angka kejadian kebakaran masih cukup tinggi di Kota Malang. Untuk memudahkan jangkauan di lima kecamatan, UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang mengajukan tambahan dua Pos PMK baru.

Kepala UPT PMK Kota Malang Teguh Budi Wibowo menjelaskan, di Kota Malang idealnya memiliki tiga titik Pos PMK. Saat ini masih ada satu Pos PMK yang tergabung di dalam Markas Komando (Mako) PMK Kota Malang di Jalan Bingkil Nomor 1 Kota Malang.

“Idealnya untuk Kota Malang sendiri ditambah dua pos lagi. Karena dalam proses pemadaman itu sepatutnya petugas pemadam bisa sampai lokasi kebakaran maksimal dalam waktu 15 menit,” kata Teguh Budi Wibowo.

Baca Juga :  KONI Jatim Dukung Penuh Piala Menpora 2021

Dijelaskannya, saat ini dari petugas PMK Kota Malang sudah berhasil menjangkau titik terjauh dari mako dalam 11 menit. Akan tetapi untuk ke depannya pihaknya juga tidak tahu akan ada hambatan seperti apa, sehingga bisa menghambat mobilitas petugas, apalagi kemacetan sering kali terjadi di jalanan Kota Malang.

“Untuk pos ini ada dua tambahan targetnya di wilayah Sawojajar dan Soekarno-Hatta. Dengan berbagai sarana dan prasarana kantor PMK minimal,” ujar Teguh.

Dalam satu pos, ia memperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp 500 juta. Karena dalam pos tersebut harus terdapat personel jaga minimal tiga orang, truk pemadam satu buah dan garasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Universitas Islam Terbaik Dunia 2021, Mendikbud Apresiasi UMM Peringkat Pertama

Saat ini pihaknya sudah mengajukan ke Pemkot Malang untuk tahapan realisasi. Akan tetapi dirinya juga mengaku siap, untuk mengelola berapapun dana yang tersedia untuk pengembangan dan perbaikan di UPT PMK Kota Malang sebagai pelayan masyarakat.

“Selain pos kami juga mengajukan unit-unit pemadam, sejak 2020 kemarin. Untuk saat ini yang baru terealisasi yakni armada pemadam roda tiga,” ujarnya. (rex/aim)

artikel Pilihan