Pertama Tawarkan Saham IPO di Wall Street, Grab Didukung SoftBank

14
Ilustrasi: Grab Holdings yang didukung SoftBank sedang membahas rencana untuk go public atau melantai di bursa saham Wall Street. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).

NewMalangPos – Untuk pertama kalinya, Grab Holdings yang didukung SoftBank akan mempertimbangkan pembicaraan untuk go public dan melantai di bursa saham Wall Street.

Hal ini menyambut aksi korporasi yang dilakukan melalui merger dengan perusahaan akuisisi denga tujuan khusus atay SPAC di bursa Wall Street Amerika Serikat.

Melansir dari CNN Indonesia, valuasi Grab diperkirakan mencapai US$40 miliar (Rp 560 triliun). Kesepakatan grab dengan perusahaan cek kosong (SPAC) akan menjadi kesepakatan terbesar yang pernah ada jika aksi ini berhasil.

Bursa saham The Wall Street Journal melaporkan Grab yang didukung oleh SoftBank saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Altimeter Capital Management LP.  Diperkirakan, Grab akan mengumpulkan antara US$3 miliar dan US$4 miliar dari investor swasta.

Perusahaan modal ventura yang berbasis di Silicon Valley, Altimeter juga turut sert mendukung dua SPAC yakni Altimeter Growth Corp dan Altimeter Growth Corp 2. Meskipun, laporan WSJ tidak merinci mana dari dua SPAC yang sedang dalam pembicaraan Grab.

Perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau SPAC adalah perusahaan cangkang yang mengumpulkan dana melalui penawaran umum perdana untuk membuat perusahaan swasta menjadi publik.

Kesepakatan besar SPAC lainnya baru-baru ini termasuk merger UMW Holdings Corp senilai US$16 miliar dengan perusahaan cek kosong yang didukung oleh miliarder Alec Gores.

Selain itu, kesepakatan senilai US$24 miliar juga dibuat oleh pembuat kendaraan listrik mewah Lucid Motors dengan SPAC yang didukung oleh Michael Klein.

Untuk mengkonfirmasi hal ini, Altimeter terpantau tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters, sementara Grab tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar di luar jam kerja reguler. (age/agt/cnni/mg3/ley/nmp)