Perpanjang SIM Cukup Aplikasi SINAR

13
SIM
Kasatlantas Polresta Malang Kota beserta jajaranya menunjukkan hasil perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR, pada Rabu, (14/4) di Mapolresta Malang Kota. (NMP - MOCH. REXY QOLBI ANURA)

MALANG, NewMalangPos – Dalam pekan ini warga Kota Malang bisa menikmati pelayanan perpanjangan SIM online cukup hanya dari handphone. Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) sudah bisa di download melalui playstore.

Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution menuturkan, bahwa aplikasi ini masih belum bisa beroperasi maksimal di Kota Malang.  Oleh sebab itu dalam satu pekan ini akan disempurnakan dengan penyesuaian dengan Satpas Polresta Malang Kota.

“Untuk di Kota Malang kami masih akan lakukan maintenance. Karena harus menyambungkan dengan Satpas Polresta Malang Kota,” jelas Kompol Ramadhan Nasution kepada New Malang Pos.

Dijelaskannya, berbagai fitur dan kemudahan terdapat dalam aplikasi ini. Masyarakat tidak perlu mengantri untuk mengurus perpanjangan SIM, karena untuk perpanjangan SIM A dan SIM C melalui aplikasi SINAR bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, masyarakat bisa mengirimkan SIM yang sudah jadi langsung ke rumah masing-masing atau mengambilnya sendiri di Kantor Satpas Polresta Malang Kota. Fitur ini juga dapat memilih melalui ekspedisi yang diinginkan, baik melalui ojol atau ekspedisi POS Indonesia.

“Semuanya sudah tersedia di aplikasi ini, termasuk metode pembayarannya dan untuk saat ini kami sudah bekerja sama dengan Bank BNI,” ujarnya.

Pada aplikasi tersebut menurutnya, saat ini masih melayani jenis perpanjangan SIM saja.  Belum bisa melayani pembuatan SIM baru. Untuk perpanjangan SIM, semua persayaratan dan prosedur bisa diakses secara online di aplikasi tersebut.

“Untuk gambaran pemakaian aplikasi ini seperti mengurus di Satpas, mulai dari pendaftaran, lanjut tes kesahatan dan psiko tes. Kemudian pembayaran dan SIM sudah dapat diterima,” bebernya.

Ditambahkannya, ini sebagai bentuk pelayanan terkait perpanjangan SIM, untuk memudahkan masyarakat. Selain itu juga sebagai bentuk upaya, memutus rantai persebaran Covid-19. (rex/aim)