Peringati Hantaru 2021, BPN Kota Batu Selesaikan 10.500 Sertifikat PTSL

SERAHKAN : Kepala BPN Kota Batu, Ir. R Haris Suharto, Wali Kota Batu dan Wakil Wali Kota Batu, Forkopimda serahkan sertifikat PTSL yang telah diselesaikan kepada perwakilan warga di halaman Kantor Pertanahan Jumat (24/9) pagi tadi.(NMP/KERISDIANTO)

KOTA BATU, NewMalangPos – Kantor Pertanahan Kota Batu menggelar upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional ke-61 (Hantaru 2021) di halaman Kantor Pertanahan Jumat (24/9) pagi tadi.

Dalam peringatan Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacaranya yang diikuti Kepala BPN Kota Batu, Ir. R Haris Suharto dan Wakil Wali Kota Batu, Forkopimda serta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Kepala BPN Kota Batu, Ir. R Haris Suharto bahwa terus berusaha untuk menyelesaikan Program Strategis Nasional terutama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Begitu juga sertifikasi aset tanah milik Pemkot Batu.

“BPN terus menyelesaikan seluruh sertifikat di Kota Batu agar mendapatkan legalitas. Untuk program PTSL dari target 13.500 sertifikat, kami sudah selesaikan sejumlah 10.500 sertifikat,” ujar Haris kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Awas! Mulai Ramai Klaster Rumah Makan

Selanjutnya pihaknya akan menyelesaikan sertifikasi aset milik Pemkot Batu sejumlah 638 aset. Saat ini masih masih beberapa yang telah disertifikasi dan akan segera dituntaskan dalam tahun ini.

“Kami berharap, khususnya untuk program PTSL bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang telah menerima sertifikat untuk permodalan. Sehingga pemulihan ekonomi nasional segera bisa dilakukan di Kota Batu,” bebernya.

Tidak hanya itu, BPN akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan transparan. Sesuai instruksi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional telah menggagas program transformasi digital.

Baca Juga :  Operasi Yustisi di RT!

“Untuk percepatan pelayanan ini, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI juga sudah merilis aplikasi LOKETKU, dimana masyarakat dapat mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan di seluruh kantor pertanahan (kantah) se-Indonesia dari rumah,” tegasnya.

Perlu diketahui layanan pertanahan berstandar dunia ini dapat diakses masyarakat secara elektronik dari mana saja dan kapan saja. Sehingga menjadi efektif, efisien dan transparan.

Sementara itu, Dewanti mengatakan bahwa sesuai instruksi Menteri Agraria dan Tata Ruang RI berharap agar Program Strategis Nasional terutama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bisa dilaksanakan sesuai target.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, baik di pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota atas kerja kerasnya. Sehingga program PTSL dan sertifikasi aset Pemkot Batu secara berkelanjutan bisa diselesaikan,” paparnya.

Baca Juga :  Pulang Pagi, Langsung Swab, Skuat Arema FC Libur Sehari

Agar program BPN bisa berjalan maksimal, saat ini Pemkot Batu bersama BPN terus berhubungan intens dan erat. Ini agar sertifikasi aset di Kota Batu bisa segera terselesaikan. Karena sekarang masih on progres akibat beberapa kendala seperti kelengkapan administrasi yang memang harus disiapkan sebaik mungkin oleh Pemkot Batu.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis. Sertifikat PTSL diserahkan kepada 12 perwakilan penerima di tiap desa/kelurahan dan juga perwakilan Pemkot Batu. (eri/jon/nmp)

artikel Pilihan