Penyuplai Pil Koplo Lintas Jatim Dibekuk

Tersangka Dedi Suko Prasetyo serta barang bukti ribuan putir pil koplo yang diamankan Satresnarkoba Polres Kediri.

MALANG, NewMalangPos – Seorang kurir ekspedisi asal Surabaya ditangkap Satresnarkoba Polres Kediri. Gara-garanya mengedarkan ratusan ribu narkoba di wilayah hukum Polres Kediri.

Pelaku bernama Dedi Suko Prasetyo, 37, warga Kelurahan Brata Jaya Kecamatan Gubeng Kota Surabaya.

Kasatnarkoba Polres Kediri AKP Ridwan Sahara mengatakan bahwa pelaku ditangkap di area Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri.

“Pelaku sudah kita ikuti sejak masuk di SLG (Simpang Lima Gumul), kemudian sampai di Kandat pelaku kita amankan. Hasilnya saat digeledah, kita amankan sejumlah barang bukti narkoba di dalam kendaraannya korban,” jelasnya.

Baca Juga :  Tega.. Sakit Hati, Suami di Jember Bacok Istri Gunakan Celurit

Ridwan mengungkapkan dari tangan pelaku saat penangkapan, ditemukan barang bukti tiga kardus berupa 95 ribu pil dobel L di dalam mobil. Kemudian dilakukan pengembangan dan ditemukan 96 ribu pil jenis Y yang didapatkan di rumah pelaku.

“Kami juga amankan satu buah HP dan kendaraan mobil Grand Max yang digunakan tersangka melakukan transaksi narkoba,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan keterangan tersangka, bahwa dia sudah melakukan aksinya beberapa kali di wilayah Jawa Timur. “Pelaku mengaku melakukan aksinya di Mojokerto, Kediri, Jombang dan Tulungagung,” imbuh Ridwan.

Baca Juga :  Tubuh Surya Ditemukan di Dasar Waduk

Akibatnya pelaku kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum. “Dia kita jerat pasal 114 ayat 1 sub pasal 112 ayat 1 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan pasal 197 sub pasal 196 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan,” pungkasnya.(nm/agp)