Pengunjung Mal Boleh Dine-in

Ilustrasi. Pengunjung mal sudah bisa makan di tempat sebagai aturan perpanjangan PPKM Level 4, 3, dan 2. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaaa)

Jakarta, NewMalangPos – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 diperpanjang sepekan hingga 23 Agustus 2021.

Dalam hal ini, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (17/8), pemerintah juga merevisi sejumlah aturan pembatasan PPKM salah satunya menambah kapasitas pengunjung pusat perbelanjaan atau mal dari 25 persen menjadi 50 persen.

“Atas arahan Presiden, maka PPKM Level 4 3 2 diperpanjang hingga 23 Agustus. Terdapat tambahan kab/kota yang masuk level 3, sebanyak 8 kabupaten/kota,” ujar Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers virtual Evaluasi PPKM, Senin (16/8).

Baca Juga :  TNI Kerahkan 9 Ribu Vaksinator Bantu Program Vaksinasi Corona

Di masa perpanjangan PPKM hingga 23 Agustus 2021 ini, pemerintah menambah kapasitas pengunjung pusat perbelanjaan atau mal dari 25 persen menjadi 50 persen.

“Pemerintah akan tingkatkan kapasitas mal jadi 50 persen dan beri akses dine-in 25 persen atau hanya 2 orang per meja selama seminggu ke depan,” ujar Luhut.

Luhut mengungkapkan pelonggaran tersebut berlaku di wilayah PPKM level 3 dan level 4 uji coba. Kebijakan itu diambil sejalan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) di mal yang dinilai sudah disiplin.

Baca Juga :  Loper Koran Antusias Ikut Vaksinasi

“Hasil evaluasi penerapan protokol kesehatan di mal sudah disiplin, ini sekaligus mendisiplinkan kita semua. Pemerintah akan perluas cakupan kota untuk bisa uji coba ini,” ujarnya.

Selain menjalankan protokol kesehatan, pengunjung mal perlu mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk membantu screening pengunjung.

“Ini akan membiasakan masyarakat hidup disiplin secara terdigitalisasi,” ujar Luhut.

Selanjutnya, aturan perpanjangan PPKM hingga 23 Agustus 2021 ini juga menyesuaikan kondisi masing-masing wilayah. (nly/fjr/cnni/jon/nmp)

artikel Pilihan