Pengabdian Masyarakat Dosen Fakultas Sastra UM, Gelar Pelatihan Konten Kreatif Media Sosial

KOMPAK: Ketua Tim Pengabdian Dr. Karkono, M.A dan Moh. Safii, S. Kom., M. Hum selaku pemateri bersama mahasiswa dan para pemuda Desa Glanggang peserta pelatihan. (FOTO: IST)

MALANG, NewMalangPos – Di kalangan generasi muda, salah satu sarana komunikasi dan bersosialisasi yang banyak dimiliki adalah media sosial. Terlebih, di zaman serba digital seperti sekarang ini, media sosial seolah menjadi hal wajib yang perlu dimiliki oleh masyarakat, terutama generasi muda.

Namun, media sosial laiknya pisau bermata dua, bisa mendatangkan manfaat, bisa juga sebaliknya, lebih banyak mudharat. Perlu pengetahuan dan kearifan dalam mengelolanya.

Merespon situasi demikian, dosen di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM), menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Yakni dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pembuatan konten kreatif media sosial.

Masyarakat sasaran yang dibidik adalah pemuda Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut digelar Minggu (20/6) lalu. Bertempat di Gedung Nasionalis Desa Glanggang dan dihadiri tak kurang dari 20 peserta.

Baca Juga :  Sekolah Akhlak SD Plus Al-Kautsar, Raih Medali Emas AISEFF 2021

Ketua Tim Pengabdian Dr. Karkono, M.A., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga tidak melibatkan banyak orang agar tidak membuat kerumunan. “Harapannya, para pemuda yang mengikuti kegiatan ini nantinya bisa menularkan ilmu yang diperoleh kepada teman-teman lain yang kebetulan belum ikut kegiatan,” ujar Karkono, yang juga menjadi salah satu pemateri.

Pada kesempatan tersebut, Karkono menyampaikan materi seputar kiat-kiat membuat konten kreatif. Bagaimana memanfaatkan hal-hal sederhana yang dekat dengan dunia pemuda menjadi sajian konten yang menarik dan informatif. Konten yang berupa bahasa verbal, foto, dan video dikupas tuntas dari berbagai segi, baik teknik pembuatan maupun pengemasan.

Baca Juga :  Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM, Bersama Warga Kembangkan Potensi Wisata

Selain Karkono, pemateri lain yang hadir adalah Moh. Safii, S. Kom., M. Hum., yang pada kesempatan tersebut menyampaikan materi terkait mengelola dan memaksimalkan potensi media sosial. Terutama dalam kaitannya untuk pemanfaatan agar dapat menjadi peluang penghasilan tambahan.

“Secara ringkas, materi yang kami sajikan salah satunya adalah mengelola channel youtube. Bagaimana agar youtube bisa berkembang, baik dari segi konten maupun jumlah subscriber, yang pada akhirnya bisa mendatangkan nilai tambah bagi pemuda. Bahasan detailnya adalah seputar algoritma, monetisasi, dan lain-lain,” papar Safii.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa. Dua mahasiswa yang juga ikut terlibat membantu jalannya kegiatan, yaitu Richard Dito Arianto dan Yohan Fikri Mu’tashim. Richard bertugas memandu jalannya kegiatan dan Yohan membantu dokumentasi.

Baca Juga :  Awali Dies Natalis ke-58, UB Gelar Tetenger Bumi

Sementara itu, para peserta antusias mengikuti kegiatan. Selain pemaparan materi yang menarik, peserta juga diajak praktik langsung membuat konten yang kreatif melalui gawai yang dimiliki.

Ada juga selingan permainan yang diberikan di tengah-tengah kegiatan untuk menyemarakkan kegiatan. “Kami senang sebab mendapat ilmu dari para dosen Fakultas Sastra UM dalam hal membuat konten dan mengelola media sosial. Ilmu ini sangat bermanfaat agar para pemuda dapat lebih bijak dan kreatif dalam mengelola media sosial,” urai Tessa Septiadi, selaku koordiantor pemuda. (adv/imm)