Universitas Negeri Malang Tingkatkan Hubungan Internasional Perguruan Tinggi di Thailand

new malang pos
Audiensi kerja sama internasional Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok digelar secara virtual.

NewMalangPos, MALANG – Sebagai upaya memperluas jaringan internasional, kali ini Universitas Negeri Malang (UM) menjalin kerja sama dengan universitas dan institusi yang ada di Thailand.

Audiensi kerja sama internasional tersebut digelar secara daring menggunakan platform conference Zoom Meeting, pekan lalu. UM mengundang secara virtual Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd.

Dari pihak UM sendiri dihadiri oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., direktur Hubungan Internasional, ketua LP2M, ketua LP3, para dekan dari masing-masing fakultas, serta kepala SMA, SMP, dan SD Lab UM.

“Alhamdulillah selama ini sudah banyak kerja sama UM dengan sejumlah perguruan tinggi di Thailand. Tentunya hal ini tidak lepas dari fasilitasi dari Atdikbud di Thailand. Kedepannya UM berencana memperluas kerja sama di masa yang akan dating,” ujar Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dr. Evi Eliyanah selaku direktur Hubungan Internasional UM menjelaskan beberapa kerja sama yang sudah UM lakukan selama ini. Khususnya dengan institusi yang ada di Thailand.

Antara lain adalah kerja sama penelitian dengan Walailak University, Yala Rajabhat University, King Mongkut’s University of Technology Thobury, Prince of Songkla University dan Chulalongkorn University.

“Kerja sama penilitian ini yang sangat intensif. Karena setiap proposal pendanaan yang akan diajukan harus menyertakan peneliti Internasional,” jelas Evi.

Sementara itu, kata dia, di bidang kemahasiswaan kerja sama yang telah terjalin dengan pihak Walailak University, Yala Rajabhat University dan Suranaree University of Technology. Kemudian untuk transfer kredit ada Prince of Songkla University.

Selain itu ada PPL atau KKN yang juga telah dilakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah Islam yang ada di Thailand Selatan. UM juga punya Adjunct Profesor di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang berasal dari Asian Institute of Technology Bangkok. “Untuk SEA Teacher Project kita pernah bekerjasama dengan Chiang Rai Rajabhat University,” tambahnya.

Ia melanjutkan, kedepannya UM berencana memperluas kerja sama dalam bidang-bidang lain dan juga mengirim mahasiswa untuk PPL di Sekolah Indonesia Bangkok untuk bidang kependidikan dan magang di KBRI untuk mahasiswa non kependidikan. “Mohon dukungannya, semoga rencana tersebut dapat tercapai dan berjalan dengan lancar,” harapnya. (imm/jon)