Unisma Makin Dipercaya Microsoft

new malang pos
Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si. bersama Wakil Rektor 1 Unisma Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D. dan Wakil Rektor IV Unisma Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P. menyambut tim Microsoft di ruang rector.

Perpanjang Lisensi Sertifikasi

NewMalangPos, MALANG-Universitas Islam Malang (Unisma) memperpanjang lisensi sertifikasi Microsoft internasional. Sertifikat lisensi diberikan pada Jumat (5/2) kemarin oleh Direktur iBLU-Academy (Internasional Better Learning Upgrade) Microsoft Autorize Partner Resmi di Indonesia Umar Khadafi. M.Pd., MOS MCE di ruang rektor. Ia diterima langsung  Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Wakil Rektor 1 Unisma Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D. dan Wakil Rektor IV Unisma Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P. 

Prof Maskuri bersyukur atas kepercayaan Microsoft kepada Unisma dalam menyelenggarakan sertifikasi internasional.

“Kita akan sosialisasikan kepada mahasiswa Unisma dan luar Unisma. Baik yang di Malang atau luar Malang,” katanya.

Menurut Maskuri, Unisma mendapat lisensi sertifikasi karena telah menghargai hak cipta Microsoft. Yaitu menggunakan karya mereka dengan cara legal. Sebab kata dia, karya anak bangsa yang ada di seluruh dunia patut dihargai, termasuk karya di bidang teknologi.

“Berkat apresiasi itulah maka Unisma juga mendapat penghargaan berupa kepercayaan dalam menyelenggarakan sertifikasi yang berlisensi,” ucapnya.

Maskuri juga menerima dengan senang hati tawaran Microsoft untuk kerjasama yang lebih luas. Salah satunya tawaran pelatihan dan pembinaan SDM di Unisma. “Ini berkah ketika kita bisa menghargai orang lain, kita juga dihargai. Bahkan bisa lebih dari itu. Kerjasama yang awalnya di Microsoft saja bisa meluas ke bidang pembelajaran,” kata dia.

Kedua belah pihak antara Unisma dan Microsoft telah sepakat untuk memperluas bidang kerja sama di masa yang akan datang. Microsoft siap menjadi media partner Unisma dalam peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa.

Dalam hal ini, Maskuri dengan ciri khasnya yang tegas dan cepat, meminta Microsoft tidak berlama-lama. Kerja sama lanjutan itu harus segera dilaksanakan. Misalnya, berupa workshop peningkatan kemampuan dan pemanfaatan sistem teknologi informasi untuk para dosen dan karyawan.

“Jangan lama-lama, kalau bisa akhir bulan ini kita gelar pelatihan. Bisa secara daring atau luring,” katanya.

Prof Maskuri dikenal sebagai sosok rektor yang senang melakukan perubahan cepat. Untuk Unisma yang lebih baik semua ikhtiar dilakukan. Kerjasama, peningkatan mutu, perbaikan sarana dan lain-lain, menjadi bagian dari inovasi Unisma untuk menyikapi era global.

Termasuk juga dengan pihak Microsoft, ia juga meminta untuk bersinergi. Peningkatan kompetensi dan keterampilan dosen di bidang IT bukan lagi pilihan. Tetapi sebuah keharusan bagi Unisma.

“Ini sangat bagus sekali, menjadi sebuah terobosan yang inovatif. Kami siap dengan program-program baru yang bisa dilakukan untuk percepatan Unisma,” katanya dalam pertemuan siang kemarin.

Menanggapi tantangan Unisma, Direktur iBLU-Academy Microsoft Autorize Partner Umar Khadafi. M.Pd., MOS MCE menyatakan kesiapannya. Pihak Microsoft siap menjadi narasumber dalam beberapa pelatihan. Terutama yang berkaitan dengan pembuatan media bagi para dosen.

“Apalagi saat ini kita menerapkan kuliah daring tentu materi visual yang menarik sangat dibutuhkan untuk media yang lebih variatif,” katanya.

Umar begitu terkesan dengan Unisma. Karena keunggulan dan kualitasnya Unisma menjadi perguruan tinggi swasta satu-satunya di Malang yang berlisensi Microsoft. Di bidang ini status Unisma di Indonesia kini menjadi Certiport Authorized Testing Center.

Artinya Unisma berhak menguji dan memberikan sertifikat microsoft internasional kepada mahasiswa. Termasuk bagi mahasiswa di luar Unisma. “Di Malang hanya ada dua kampus. Unisma satu-satunya kampus swasta yang punya lisensi ini,” ujar Umar.

Sejauh ini Unisma telah mengeluarkan lebih dari 500 sertifikat microsoft untuk mahasiswa. Umar berharap kedepan semakin banyak lagi sertifikasi yang dilakukan sebagai bukti kelayakan Unisma dalam bidang tersebut.

“Tentu saja sertifikat itu sangat berguna bagi mahasiswa. Terutama saat mereka melamar pekerjaan, akan sangat menjadi pertimbangan perusahaan,” terangnya.

Wakil Rektor IV Unisma Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P. mengatakan kerja sama dengan pihak Microsoft bisa semakin kuat dengan beberapa program inovasi berkelanjutan. Pelatihan teknologi informasi yang disepakati bisa meluas ke bidang skema digital marketing.

“Sehingga kami bisa membekali mahasiswa dengan kemampuan startup yang lebih baik. Dan kerjasama ini menjadi bagian dari konsep merdeka belajar kampus merdeka,” katanya. (imm/adv/jon)