Unisma – Bank Jatim Makin Sinergi

new malang pos
Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si menandatangani naskah MoU disaksikan oleh Pimpinan Bank Jatim Malang Herry Setya Yudakka.

NewMalangPos, MALANG – Setelah direnovasi Masjid Ainul Yaqin Universitas Islam Malang (Unisma) terlihat begitu indah. Nuansa warna emas di bagian mihrab membuat masjid tampak lebih elegan.

Dua lampu gantung pernak pernik berukuran besar menjuntai dari kubah masjid. Tentunya makin terlihat indah kalau malam hari, saat lampu itu dinyalakan.

Kini, Masjid Ainul Yaqin makin tampak indah dengan gelaran karpet panjang. Warnanya hijau sesuai dengan warna identik dari Nahdhatul Ulama, tebal dan empuk. Diimpor langsung dari Turki, harganya pun lumayan, lebih dari setengah miliar rupiah.

Karpet itu merupakan bantuan Bank Jatim dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan ini diserahkan secara resmi oleh Pemimpin Corporate Secretary PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur TBK Glemboh Priambodo, Rabu (3/2).

Penyerahan dilaksanakan di Masjid Ainul Yaqin dihadiri oleh direktur utama Bank Jatim, komisaris Bank Jatim, rektor Unisma dan dewan pembina, pengurus dan pengawas Yayasan Unisma. 

“Ini nikmat baru untuk kita. Semoga program CRS ini menghadirkan berkah bagi Bank Jatim, Unisma dan masyarakat sekitar kampus,” ucap Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si.

Prof Maskuri berharap kerja sama dengan Bank Jatim dan Unisma bukan sekadar CSR. Tetapi meningkat ke program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Misalnya melibatkan para praktisi Bank Jatim untuk hadir sebagai dosen tamu di Unisma.

Selain itu juga program praktik belajar untuk mahasiswa. Karena MBKM memberikan kesempatan yang lebih luas pada mahasiswa untuk belajar dan praktik langsung di dunia industri. “Karena kami punya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Disitu ada  perbankan syariah, administrasi niaga, dan lain-lain,” imbuhnya.

Tidak hanya itu lanjut Maskuri, kerja sama dengan Bank Jatim juga diimplementasikan pada pembinaan UMKM. Saat ini Unisma sedang punya prioritas mengembangkan kampung kreatif di wilayah Kelurahan Kedungkandang dan Madyopuro.

“Kami berharap Bank Jatim juga bisa ambil andil disitu, kampung kreatif sebagai bagian dari pusat laboratorium MBKM mahasiswa. Sehingga kerja sama ini bukan sekadar transaksional. Tapi ada konsep edukasi agar bisa lebih simbiosis mutualisme,” terangnya.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan, sinergitas Bank Jatim dengan Unisma sangat dibutuhkan. Ia menyadari bahwa Bank Jatim tumbuh dan berkembang karena adanya sumbangsih masyarakat dan seluruh stakeholder. Baik dari lembaga pendidikan atau instansi lain.

“Termasuk juga Unisma. Maka CSR ini adalah bentuk syukur kami atas hasil pencapaian Bank Jatim sejauh ini,” ungkapnya.

Busrul berharap kerja sama dengan Unisma semakin meningkat. Dan Bank Jatim siap mendukung program-program Unisma terkait dengan pembiayaan dan sistem pembayaran.

Termasuk juga mendukung harapan rektor Unisma, terkait program MBKM dan pembinaan UMKM. Busrul mengatakan Bank Jatim punya banyak praktisi yang nantinya bisa dijadikan dosen tamu di Unisma. “Kerja sama kami dengan Unisma sudah cukup lama. Maka kami senantiasa siap mensupport program-program yang bisa dikerjasamakan,” terangnya.

Selain penyerahan secara resmi program CSR berupa karpet untuk Masjid Ainul Yaqin Unisma, dalam kesempatan tersebut dilakukan tanda tangan MoU. Kaitannya dengan layanan pendidikan dan perbankan. Naskah MoU ini ditandatangani oleh Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dan dari pihak Bank Jatim ditandatangani oleh Herry Setya Yudakka.

Ketua Yayasan Prof . Dr. H. Yaqub Cikusin, M.Si turut mengapresiasi kiprah Bank Jatim yang menyalurkan program CSR nya ke Unisma. Bantuan berupa karpet untuk masjid Ainul Yaqin menurutnya menjadi bukti bahwa Bank Jatim turut andil dalam peningkatan  bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), tetapi juga iman dan takwa (Imtak). “Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bank Jatim. Semoga makin bersinergi dengan Unisma yang terus bertekad menjadi universitas kelas dunia,” tandasnya. (imm/adv/jon)