Terjunkan 65 Relawan Pajak

new malang pos
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Nur Diana, SE., M.Si bersama para mahasiswa relawan pajak 2021 saat acara pengukuhan dan pemberangkatan.

Tax Center FEB Unisma 

NewMalangPos, MALANG – Tax Center  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang  (Unisma) menerjunkan 65   relawan pajak. Para relawan merupakan mahasiswa FEB Unisma.

Mereka akan membantu wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya. Yaitu untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan melalui e-filing. Acara pengukuhan dan pemberangkatan relawan pajak 2021 dilaksanakan secara daring dan luring. Bertempat di Laboratorium Multimedia  Gedung FEB Unisma lantai 3.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Nur Diana, SE., M.Si mengatakan, program Relawan Pajak tersebut merupakan bentuk sinergi FEB Unisma dengan Kanwil DJP Jawa Timur III. Relawan program pajak Unisma itu sudah terbentuk untuk tahun yang ketiga.

“Dengan adanya program Relawan Pajak, mahasiswa akan terjun ke masyarakat. Tugas mereka memberikan sosialisasi, edukasi dan asistensi wajib pajak,” jelas Diana dalam sambutannya.

Sebagai relawan mahasiswa tentu mendapat kesempatan yang berharga. Kesempatan untuk menerapkan dan mempraktikkan keilmuan mereka yang didapat di kampus. “Dan inilah momen yang tepat bagi kalian semua untuk mengaplikasikan ilmu perpajakan  berhadapan langsung dengan wajib pajak,” ujar Diana saat memotovasi mahasiswa.

Ia pun berharap dengan kesempatan tersebut mahasiswa mendapat pengalaman dan keilmuannya makin meningkat. Sebab dunia perpajakan penuh tantangan. Ada banyak hal yang perlu dipelajari langsung. Maka sebelum terjun langsung ke dunia kerja, akan menjadi lebih baik mahasiswa mendapat kesempatan praktik berhadapan langsung dengan wajib pajak. 

“Kami berharap mereka yang terjun sebagai relawan pajak, akan lebih matang karena ada kesempatan untuk belajar langsung tentang perpajakan, permasalahan dan tantangan yang ada,” paparnya.

Diana menambahkan bahwa program relawan pajak sebagai bentuk perwujudan lembaga pendidikan dalam rangka bela negara. Para mahasiswa yang terlibat memiliki tugas mulia untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya pada negara.

“Selamat bertugas, jaga integritas kalian sebagai relawan pajak dan jangan lupa pegang code of conduct selama menjalankan amanah ini,” pesan Diana.

Sementara itu, Ketua Tax Center FEB Unisma Luis Wijaya menjelaskan, program relawan pajak ini merupakan tahun ketiga  yang dilaksanakan Tax Center FEB UNISMA sebagai mitra Direktorat Jenderal Pajak. Dijelaskan dia, sejak dibuka rekrutmen relawan pajak pada Oktober 2020 lalu, ada   160 mahasiswa yang mendaftar. Di Bulan November 2020 dilaksanakan seleksi tulis dan wawancara.

“Peserta yang lolos seleksi sebagai Relawan Pajak berjumlah 65 orang dari Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang,” terangnya. (imm/jon)