SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Bersinergi di Tengah Pandemi, Salurkan Alumni ke Industri

PESERTA: Open recruitment PT. Hillconjaya Sakti di Aula KH. Mas Mansur, Kampus I SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen diikuti 324 peserta.

NewMalangPos, MALANG – Dalam kondisi masih pandemi covid19, tak menyurutkan semangat SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen untuk terus berkarya. Kali ini bersinergi dengan PT. Hillconjaya Sakti menggelar open recruitment selama empat hari, mulai  Senin (8/2) hingga Kamis (11/2) kemarin.

Tercatat sebanyak 324 orang peserta mengikuti open recruitment yang terselenggara berkat kerjasama BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dengan PT. Hillconjaya Sakti, industri terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang kontraktor penambangan batu bara.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Drs. Maryanto, MM.

Selain dari alumni SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, peserta juga dari sekolah lain di Malang Raya dan Jawa Timur. Bahkan ada beberapa peserta yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Barat, mengikuti open recruitment di Aula KH. Mas Mansur, Kampus I SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Aula dengan kapasitas 750 orang tersebut digunakan sebagai tempat seleksi bagi calon mekanik dan operator alat berat di penambangan batu bara yang dikelola PT. Hillconjaya Sakti. Open recruitment ini pun mendapar apresiasi dari  Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Drs. Maryanto, MM.

Menurutnya, di tengah masa pandemi ini, banyak perusahaan yang terdampak dan mengalami penurunan produksi, bahkan sampai pengurangan tenaga kerja. Namun justru ini sebaliknya, yaitu melakukan open recruitment yang bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

“Maka ketika ada sebuah industri yang membuka recruitment, kami melihatnya sebagai peluang yang baik untuk dimanfaatkan menyalurkan lulusan ke dunia kerja,” ungkap Drs. Maryanto, MM., kepada New Malang Pos perihal program sinergi dengan industri di tengah pandemi ini.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen ditunjuk oleh Direktorat SMK Kemendikbud sebagai salah satu SMK yang dikembangkan sebagai pusat keunggulan (Center of Excellence). “Salah satu indikator keberhasilannya adalah keterserapan lulusan di dunia kerja,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Recruitment PT. Hillconjaya Sakti, Andrianus menyampaikan bahwa proses recruitment ini diawali dengan sosialisasi dan pendaftaran peserta. Pendaftaran calon peserta selain dilakukan secara online, juga secara langsung melalui BKK SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

“Seleksi diawali psikotes dan wawancara. Peserta yang dinyatakan lolos, lanjut medical chek up. Mereka yang lolos dalam tahapan seleksi ini bakal ditempatkan di posisi mekanik atau operator alat berat terutama di wilayah Sulawesi Tenggara dan Pulau Sebuku,” terang Andrianus.

Pria yang juga menjabat sebagai Manager HRD (Human Resources Development) PT. Hillconjaya Sakti ini menjelaskan alasan perusahaannya melaksanakan recruitment di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen lantaran selama ini alumninya sudah banyak bekerja di PT. Hillconjaya Sakti.

Alumni sekolah yang memiliki dua kampus yaitu kampus I di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 34 Kepanjen dan kampus II di Jalan Panji No. 130 Kepanjen ini dinilai memiliki karakter sangat baik. Selain itu pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 ditunjang dengan fasilitas lengkap, yang tentunya sangat bermanfaat bagi alumninya di dunia kerja.

“Kami berharap dapat selalu meningkatkan kerjasama dengan industri dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga sekolah kami lebih banyak dikenal oleh Industri,” harap Puji Hartono, ST., selaku Kepala BKK SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. (bua/adv)