SDN Purwantoro 6 Siap Melaju ke Adiwiyata Provinsi

new malang pos
Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edy Jarwoko mencoba Ipal sebagai konservasi air sederhana yang dimiliki SDN Purwantoro 6. (NMP-IMAM)

NewMalangPos, MALANG- SDN Purwantoro 6 bersiap melaju lomba Adiwiyata tingkat provinsi. Sekolah ini telah memiliki sistem konservasi air berupa Ipal sederhana dan ramah lingkungan. Selain itu beberapa item yang menjadi penilaian dalam lomba Adiwiyata sudah dipersiapkan.

Beberapa waktu lalu, persiapan itu ditinjau langsung oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edy Jarwoko. Ia juga memberikan motovasi dan support kepada SDN Purwantoro 6 agar bisa lolos ke jenjang lomba Adiwiyata berikutnya.

“Harus punya inovasi, yang berbeda dari sekolah-sekolah lainnya. Itulah yang akan menjadi poin penilaian selain dari kriterian lainnya,” ujar Edy.    

Untuk lomba Adiwiyata, Edy berharap SDN Purwantoro 6 terus melaju hingga meraih predikat Adiwiyata Mandiri. Namun tidak cukup sampai disitu. Karena gelar Adiwiyata bukan untuk dibanggakan semata. Tetapi harus ada upaya nyata yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

“Kalau sudah (Adiwiyata) mandiri, waktunya pengabdian pada lingkungan. Ciptakan kolaborasi dengan masyarakat maupun instansi, baik pemerintah maupun swasta. Terutama yang ada di satu area yang sama,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Sofyan Edy Jarwoko melakukan penghijauan. Yakni dengan menanam beberapa bibit pohon pule di lingkungan SDN Purwantoro 6. Turut juga menanam para undangan dan tokoh lingkungan. Diantaranya dari Koramil, Polsek Blimbing, Camat Blimbing, ketua Penggerak Adiwiyata Malang Raya dan Pengurus Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia. 

Edy mengatakan menanam pohon merupakan implementasi riil dari pendidikan karakter. Dengan cara dilakukan secara terus menerus dan melibatkan peserta didik.

“Aksi tanam pohon ini sebagai bentuk karya kita dalam turut serta untuk lingkungan. Harapannya menjadi kebiasaan dan budaya bagi generasi bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SDN Purwantoro 6 Siti Khotimah, M.Pd menyatakan tekadnya untuk terus melakukan terobosan untuk lolos di lomba Adiwiyata tingkat provinsi. Meskipun begitu ia mengakui untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata bukan perjara mudah. Semuanya butuh proses yang panjang. “Kami bertekad untuk menuliskan tinta emas di SDN Purwantoro 6. Tapi tidak bisa secara instan atau sulapan. Kami butuh kerja sama, motivasi dan dukungan berbagai pihak,” ungkapnya.(imm/jon)