Pelaksanaan UTBK Server Down

NEW MALANG POS – Pelaksanaan UTBK hari pertama sempat mengalami kendala server down selama kurang lebih 10 menit. Gangguan pada server terjadi secara nasional. Sehingga peserta harus menunggu beberapa saat hingga server kembali normal. Meski waktu jeda 10 menit namun tidak berpengaruh terhadap durasi UTBK. Sehingga peserta tetap bisa mengerjakan soal dengan waktu yang telah ditentukan.

Kuota UTBK di UM sebanyak 1.115 peserta yang tersebar ke 87 ruang di UM, Unmer, Unisma dan UMM. Namun pada sesi pertama sebanyak 37 peserta tidak hadir mengikuti ujian sesi satu dan 62 orang tidak hadir di UTBK sesi dua.

Peserta yang tidak hadir pada UTBK Minggu (5/7) kemarin nanti akan dimintakan penjadwalan ulang. Selain itu dilaporkan ke LTMPT agar mereka bisa melangsungkan ujian di kampus terdekat dengan domisili mereka.

Peserta UTBK tidak hanya berasal dari Malang Raya melainkan juga luar kota. Di antaranya Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Bandung dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Salah satu peserta dari Blitar Sherly Yuliana Putri mengatakan selama ujian berlangsung sempat merasa tegang. Itu karena di awal ujian berlangsung ada gangguan server seluruh Indonesia.

“Tapi karena di layar komputer tertera jawaban dan waktunya sudah tersimpan jadi rasa panik saya sedikit berkurang. Selain itu tidak ada kendala lain, hanya saja soalnya tidak terduga seperti yang dipelajari,” terang Sherly.

Mengikuti UTBK di tengah pandemi sempat membuat Sherly bingung. Itu karena  sistemnya berubah-ubah. Selain itu juga harus mengikuti protokol kesehatan sehingga terkesan sedikit ribet namun harus tetap disyukuri.

“Alhamdulillah semuanya lancar, meski harus berangkat kemarin sore naik motor di antar orang tua. Semoga bisa diterima di UM,” katanya. (imm/lin/van)