Makin Optimis Bersama New Malang Pos

NEW MALANG POS – Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini. Mahasiswa masih belajar dari rumah. Perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Malang juga belum dimulai dan bakal diberlakukan secara daring. Berbagai upaya ditempuh oleh para dosen dan jurusan agar mahasiswa tetap punya semangat belajar di tengah pandemi.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP UMM) Dr. Sugiarti, M.Si bersama Sekretaris Program Studi Arif Setiawan, M.Pd, berkunjung ke Rumah Kita, markas New Malang Pos, Rabu (9/9) dan ditemui langsung Pemimpin Redaksi Abdul Halim.

‘’Kami bersilaturahmi untuk menjalin kembali MoU dengan New Malang Pos. Karena berganti nama baru dengan spirit baru, kami juga ingin memperbarui MoU yang sebelumnya sudah terjalin sejak lama. Kalau sebelumnya dengan alm Pak Husnun sejak tahun 2002 dan kemudian diteruskan ke Mas Halim ini. Intinya, kami tetap ingin bersinergi dan menjalin kerjasama dengan New Malang Pos,’’ terang Sugiarti.

Dijelaskan Sugiarti, kerjasama ini meliputi bidang pendidikan, pemagangan mahasiswa dan publikasi. “Kami punya mata kuliah PKL Jurnalistik untuk mahasiswa semester VII. PKL Jurnalistik ini mahasiswa terjun langsung menjadi wartawan dan menerbitkan koran 12 halaman. Dan kami selalu bekerjasama dengan New Malang Pos,” jelasnya.

Tenaga pengajar mata kuliah jurnalistik ini tidak lain adalah Abdul Halim Pemred New Malang Pos. Selama proses memproduksi koran, mahasiswa beraktivitas sebagaimana manajemen media cetak. Ada yang bertugas sebagai wartawan dan juga pemasaran atau marketing. Mereka liputan berita ke lapangan dan menjual korannya ketika sudah jadi. Semuanya mendapat bimbingan langsung dari Abdul Halim.

Di masa Pandemi Covid-19 Prodi Bahasa Indonesia UMM masih mencari pola terbaik. Agar praktik jurnalistik dan produksi koran bersama New Malang Pos tetap terlaksana. Sugiarti menegaskan, kerjasama dengan industri sangat penting dalam dunia perkuliahan. Sebab ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tidak cukup kalau hanya di bangku kuliah. ‘’Demikian juga dengan mata kuliah PKL Jurnalistik. Perlu bergandengan dengan perusahaan media. Tujuannya untuk memberikan pengalaman secara langsung pada mahasiswa menjadi seorang jurnalis. Target kami yang pertama dalam kerjasama ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Minimal setelah mereka kuliah memiliki kompetensi atau keahlian lain selain sebagai pendidik,” tandasnya.

Pemred New Malang Pos Abdul Halim menyambut dengan antusias kelanjutan kerjasama dengan Prodi Bahasa Indonesia FKIP UMM. ‘’Untuk sukses semua harus berkolaborasi. New Malang Pos sangat terbuka untuk kerjasama ini, apalagi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMM ini sudah menjadi keluarga sendiri. Kita bersinergi untuk sukses dan besar bersama-sama,” ucap Halim, yang juga alumni Ilmu Komunikasi FISIP UMM ini.(imm/lim)