Kian Terpercaya, Try Out Daring Diminati Masyarakat

new malang pos
Kepala MTs Hidayatul Mubtadiin Drs. M. Sairozi, S.Pd., M.Pd memberikan sambutan secara daring sebelum try out dimulai.

MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu

NewMalangPos, MALANG-Setiap tahun MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu selalu menggelar ujian try out untuk siswa SD/MI. Biasanya digelar tiap Bulan Januari. Tahun 2020 lalu madrasah ini juga menyelenggarakan. Demikian dengan Januari 2021 tahun ini.

Meskipun masih pada masa pandemi Covid-19, ujian try out SD/MI di MTs Hidayatul Mubtadiin tetap dilaksanakan. Hanya saja konsepnya yang tidak sama. Kali ini digelar secara daring.

Dalam hal teknologi informasi, MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu tidak kalah dengan sekolah atau madrasah maju lainnya. Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk berinovasi. Tidak bisa luring, maka dimaksimalkan dengan cara daring.

Jumlah pesertanya tidak jauh beda dengan saat digelar luring di tahun-tahun sebelumnya. Kalau biasanya menyentuh angka 800 siswa, kali ini nyaris 600. Sedikit penurunan adalah hal yang wajar saat kondisi pandemi seperti saat ini.

Bagi MTs Hidayatul Mubtadi’in yang paling utama konsistensi dan kepercayaan masyarakat. Tak heran, meskipun digelar secara daring minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan try out masih cukup tinggi. “Ini membuktikan bahwa kami dipercaya. Kualitas dan mutu pendidikan MTs Hidayatul Mubtadi’in mendapat tempat di hati masyarakat,” ucap, Kepala MTs Hidayatul Mubtadiin, Drs. M. Sairozi, S.Pd., M.Pd. kepada New Malang Pos.

Menurutnya, tingginya kepercayaan masyarakat kepada MTs Hidayatul Mubtadi’in salah satunya karena madrasah ini ada di lingkungan pesantren. Yaitu Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in yang didirikan oleh almarhum KH Agus Salim Mahfudz Yusuf atau lebih dikenal dengan nama Gus Fud. Seorang ulama kharismatik ternama yang dikenal oleh masyarakat luas.

Karena berada di lingkungan pesantren, karakter siswa MTs Hidayatul Mubtadi’in menjadi lebih mudah tertata. Berkah ulama dan nilai-nilai ke-Islaman yang setiap saat ditanamkan pada siswa membawa perubahan perilaku yang baik. 

Sairozi mengungkapkan, kegiatan try out sebagai wadah uji kemampuan siswa SD/MI di Kecamatan Lowokwaru dan sekitarnya. Dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan bimbingan belajar R-Langga. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Di try out kali ini, siswa mengerjakan sebanyak 100 soal selama 135 menit. Dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB. Terdiri dari soal-soal Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Karena untuk pertama kalinya dengan sistem daring, pelaksanaan try out dibagi dua sesi. Sesi pertama digelar Sabtu (16/1), sedangkan sesi kedua dilaksanakan Senin (18/1), kemarin.

“Kita laksanakan dua kali sesi. Karena ini daring untuk pertama kalinya, bagi sebagian peserta butuh persiapan khusus,” ungkap Sairozi.

Sebagai apresiasi, MTs Hidayatul Mubtadi’in memberikan penghargaan kepada para peserta terbaik. Sesi pertama terbaik 1 diraih oleh Nadia Amanda Putri Lestari dari SDN Mojolangu 5, terbaik 2 Irsyad Nazrin Arofa dari SDN Purwodadi 1 dan terbaik 3 M. Resta Norta Nio dari SDN Mojolangu 1.

Sedangkan sesi kedua terbaik 1 diraih oleh Kiandra Alkhalief Ari Putra dari SDN Tunjungsekar 3, terbaik 2 Devin Satya Widhie Cahya Putra dari SDN Purwodadi 1 dan terbaik 3 Adelia Ayukayla dari SDN Tasikmadu 2. 

“Kami ucapkan selamat kepada para juara, sebagai penghargaan kami akan berikan hadiah. Dan juga bisa masuk MTs Hidayatul Mubtadiin tanpa biaya,” ucap Sairozi.

Ia menuturkan, diantara tujuan dari pelaksanaan try out yakni untuk lebih memperkenalkan MTs Hidayatul Mubtadiin kepada masyarakat, khususnya bagi siswa SD/MI.

Meskipun berada di pinggiran Kota Malang, madrasah ini memiliki sejumlah program unggulan. Termasuk juga dalam hal sarana dan fasilitas belajar. “Kami memiliki fasilitas memadai untuk menunjang proses pembelajaran siswa di sekolah,” ujarnya.

Diantara program unggulan yang dimiliki MTs Hidayatul Mubtadi’in adalah aktivitas ke-Islaman yang mewarnai keseharian siswa. Ciri khas madrasah dalam naungan pesantren sangat kental di lembaga ini.

Pukul 06.00 WIB siswa sudah harus di sekolah. Dimulai dengan aktivitas tartil Alquran, salat duha, baca Surat Yasin, kultum, baca rotib, shalawat dan istighosah.

Mulai bulan ini, MTs Hidayatul Mubtadi’in telah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2021-2022. Informasi lebih lengkap bisa didapat di alamat lembaga, Jalan KH. Yusuf Tasikmadu. (imm/sir/jon)