Festival SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Maksimalkan Calon Peserta

new malang pos
Kepala SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Putri Haryun Aroeboesman, S.Pd, S.Pd.

NewMalangPos, MALANG-Hari ini pendaftaran terakhir peserta Festival SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Sekaligus menjadi hari terakhir pengumpulan video hafalan surat pendek. Kepada para calon peserta diharapkan untuk segera mendaftarkan diri. Bagi yang mendaftar hari ini, maka harus sekaligus mengirimkan video.

Proses pendaftaran dilakukan secara online. Dengan menghubungi nomor whatsapp 0857-8419-4442. Kemudian vidoe di-upload di link yang sudah ditetapkan oleh panitia. Yaitu http://bit.ly/FestivalSDAlirsyadHafalanSuratPendek.

“Terakhir pendaftaran besok (hari ini), semoga bisa dimaksimalkan oleh calon peserta,” ucap Kepala SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Putri Haryun Aroeboesman, S.Pd, S.Pd kepada New Malang Pos.

Festival SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah merupakan kegiatan rutin tahunan. Pesertanya merupakan siswa-siswi TK/RA se Malang Raya. Jenis lombanya adalah hafalan surat-surat pendek.

Panitia sendiri sudah menetapkan dua kategori surat Alquran yang dihafalkan. Yaitu kategori wajib dan pilihan. Yang kategori wajib Surat Al-Ma’un. Sedangkan yang pilihan Surat Al-Kafirun dan Al-Fiil.  

Putri menjelaskan, meskipun hanya hafalan surat pendek, SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah melibatkan tim yang memang expert di bidangnya. Yakni guru-guru tahfidz Alquran dari Ummi Foundation yang selama ini menjadi mitra SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah.

“Artinya kami tidak main-main. Penampilan dan kemampun peserta langsung dinilai oleh ahlinya. Bukan dari guru Al-Irsyad Al-Islamiyyah sendiri. Sehingga hasil penilaian dijamin objektif,” tukasnya.

Festival SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah biasnya digelar secara luring di sekolah. Karena saat ini berada di masa pandemi, maka festival tahun ini digelar secara daring. Peserta membuat rekaman hafalannya berupa video. Produk itulah yang kemudian dinilai oleh juri.

“Yang jelas beberapa poin penilaian itu meliputi kelancaran, kefasihan makhroj, dan beberapa hal yang berkaitan dengan kaidah membaca Alquran yang baik dan benar,” paparnya.   

Pengumpulan video ditetapkan panitia terakhir pada 28 Januari, hari ini. Dan dilakukan penilaian oleh juri pada tanggal 29-30 Januari. Hasilnya akan diumumkan pada 1 Februari 2021. Panitia telah menyiapkan hadiah menarik bagi para pemenang. Antara lain trofi juara, sertifikat dan voucher PPDB di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah.

“Hadiahnya akan kami berikan pada tanggal 2 Februari di sekolah. Rencananya akan kita jadwal agar tidak terjadi kerumunan banyak orang,” imbuhnya. (imm/jon)