Dorong Santri Sabet Beasiswa Studi di Yaman

NEW MALANG POS – Yayasan Ponpes Salafiyah Nurul Muhaasabah Wal Mahabbah Bitaharil Imam, Tirtoyudo Kabupaten Malang terus mendorong santrinya untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi. Tak hanya di dalam negeri, para santri juga didorong untuk melanjutkan jenjang pendidikan hingga ke luar negeri. Hasilnya, dalam dua tahun berturut-turut, total sepuluh santri berhasil menyabet beasiswa studi di Universitas Al-Ahgaff Tarim Yaman.

“Tahun 2019, ada lima santri yang mendapat beasiswa di Yaman. Tahun ini juga ada lima santri yang berhasil mencatatkan prestasi yang sama,” ujar Kepala SMK Islam A-Nuuru Tirtoyudo, Rudi Widianto S.Pd, M.Pd kepada New Malang Pos.

SMK An-Nuuru merupakan salah satu sekolah di bawah Yayasan Ponpes Salafiyah Nurul Muhaasabah Wal Mahabbah Bitaharil Imam, Tirtoyudo.

Untuk mendapatkan beasiswa masuk universitas di bawah pimpinan Prof Dr As-Sayyid Abdullah Baharun tersebut, para santri harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan santri lainnya. Seleksi dilakukan dengan dua tes, yakni membaca kitab kuning dan menguasai Bahasa Arab. Sedangkan untuk nilai akademis bukan menjadi hal yang utama dalam penentuan beasiswa ini.

Rudi melanjutkan, selain dua kriteria tersebut, para santri juga dibekali dengan hafalan Alquran minimal lima juz. Untuk hal ini, pihak ponpes menggenjot siswa dengan setoran wajib satu hari satu halaman atau satu bulan (20 hari) satu juz.

“Hafalan Alquran ini tak hanya mendukung santri kami ketika ingin mengikuti seleksi beasiswa. Tetapi juga mampu meningkatkan kecerdasan mereka. Dengan menghafalkan Alquran secara sungguh-sungguh, secara nilai akademis juga akan terkatrol,” tutup lulusan UMM ini. (nda)