Wisuda Unisma Digelar Daring

new malang pos
Wakil Rektor 1 Unisma Prof. Dr. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D. (kiri) didampingi Kabiro Akademik dan Kerja Sama Ronny Malavia Mardani, SE., MM memberikan keterangan. (NMP-IMAM)

MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma) memutuskan kegiatan wisuda periode ke-64 digelar secara daring.

Wisuda periode ini akan digelar Minggu (17/1) . Dengan diikuti sebanyak 1401 calon wisudawan. Mereka terdiri dari program sarjana, program profesi, program magister dan program doktor.

Wakil Rektor 1 Unisma Prof. Dr. Junaidi, Ph.D. mengatakan, mahasiswa yang ikut wisuda besok siang merupakan lulusan pada semester genap Tahun Akademik  2019-2020. Yakni mulai Februari sampai Agustus 2020. “Kalau dalam kondisi normal wisuda mereka kita laksanakan  Bulan Oktober,” katanya.

Di wisuda periode ke 63 Unisma menggelar secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk untuk periode kali ini, rencananya juga akan digelar secara luring.

Prof Junaidi mengatakan, persiapan secara luring sudah matang. Namun, beberapa menjelang pelaksanaan ada Surat Edaran Wali Kota yang melarang kegiatan wisuda secara luring.  “Akhirnya dengan berat hati kami batalkan,” ucapnya.

Sebagai gantinya, manajemen menawarkan pada calon wisudawan dua opsi. Pertama upacara wisuda segera dilaksanakan tapi secara daring. Yang kedua, digelar secara luring namun menunggu sampai kondisi memungkinkan.

“Rata-rata mereka memilih secara daring. Sehingga kami memutuskan daring dan dilaksanakan Hari Minggu tanggal 11 Januari 2021,” ungkapnya.

Meskipun secara daring, lanjut Prof Junaidi ada beberapa mahasiswa yang hadir ke kampus untuk mengikuti acara secara luring. Mereka adalah perwakilan dari masing-masing program studi. Ditambah dengan jajaran senat.

“Jadi hanya dihadiri dua komponen. Senat dan perwakilan mahasiswa. Tidak lebih dari 50 orang, dari kapasitas gedung yang mencapai 3000 orang,” tuturnya.

Baca Juga:

Durasi waktu wisuda secara daring akan dibuat sesingkat mungkin. Tidak lebih dari 170 menit. Beberapa acara tambahan tidak dilaksanakan.

Penghargaan kepada wisudawan terbaik pun sudah digelar Jumat (15/1) kemarin. Diberikan langsung oleh para pimpinan Unisma. Foto-fotonya akan ditampilkan berupa slide pada acara wisuda besok.

Penghargaan yang diberikan kepada para wisudawan terbaik, berupa sertifikat dan uang di rekening bank. Masing-masing juga mendapat karikatur cantik, yang menggambarkan dirinya dan Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si. (imm/jon)