Berprestasi, Kreativitas Tanpa Batas

Kepala SMPN 1 Singosari
SIMBOLIS: Kepala SMPN 1 Singosari Drs. Susilo Wardoyo, M.Si meniup lilin kue ulang tahun ke-56 Sinesa yang disaksikan langsung oleh para wakil kepala sekolah dan seluruh siswa secara virtual.(NMP)

NEW MALANG POS, MALANG – Siswa-siswi SMP Negeri 1 Singosari membuktikan diri bahwa pandemi bukan penghalang untuk berkreasi. Belajar secara virtual bukan alasan untuk tidak berinovasi. Itu mereka tunjukkan dalam peringatan HUT ke-56 SMP Negeri 1 Singosari (Sinesa). Acara ini digelar secara daring dalam satu pekan terakhir.
Di acara tersebut berbagai kreativitas siswa Sinesa ditampilkan secara virtual. Hasilnya tidak kalah dengan luring. Siswa berhasil menunjukkan kemampuan diri mereka seperti halnya saat di panggung pentas seni.
Itu artinya, potensi dan bakat siswa Sinesa tetap terfasilitasi meskipun secara online. Dan itu tidak hanya di bidang kreativitas. Bakat dan kemampuan siswa Sinesa juga tak terbendung di bidang akademik dan olahraga.
Mereka hebat dengan prestasi yang ditorehkan di berbagai ajang. Tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Salah satunya ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN).
Pencapaian tersebut sesuai dengan harapan Kepala SMPN 1 Singosari Drs. Susilo Wardoyo, M.Si bahwa dalam kondisi apapun termasuk pandemi Covid-19, karakter Sinesa sebagai sekolah unggul di Kabupaten Malang harus tetap terdepan.
Berbagai upaya dilakukan, konsep, metode dan cara-cara strategis diterapkan. Belajar secara daring bukan hal biasa. Sehingga caranya pun diupayakan tidak biasa. Agar hasil akhirnya menjadi luar biasa. “Sebisa mungkin keunggulan kita tidak hilang hanya karena pandemi. Saya selalu menekankan pada guru agar ada cara-cara baru untuk siswa terus berkembang dalam kondisi seperti ini,” katanya kepada New Makang Pos, di sela acara HUT.
Kegiatan HUT ke-56 Sinesa tahun ini memang berbeda. Sejak awal kegiatan hingga Sabtu (9/1) hari ini, semua dilaksanakan daring dan disiarkan secara live streaming YouTube. Suksesnya kegiatan ini tidak lepas dari peran pengurus OSIS.
Apresiasi pun disampaikan secara langsung oleh Wardoyo kepada panitia. Mereka sukses mengemas acara dengan baik meski secara virtual. “Saya rasa berjalan dengan lancar. Ini berkat kesungguhan panitia, baik dari anak-anak maupun guru,” ujarnya.
Waka Urusan Humas Isnani Rohayati, M.Pd mengatakan untuk memeriahkan acara HUT, ada beberapa kegiatan yang digelar secara berkala. Mulai dari lomba kuis “Aku Tau Sinesa”, lomba tik-tok, lomba foto kontes dan penampilan ajang bakat. Diantaranya seni nyanyi, seni tari, olahraga bela diri, teater dan lain sebagainya.
Ada lebih dari 50 penampilan yang didaftarkan. Namun yang ditampilkan secara live hanya 20. Selebihnya ditampilkan di YouTube. “Kegiatan ini sebagai ajang menumbuhkan bakat dan kreativitas anak-anak kami. Kali ini kita fasilitasi secara virtual,” ujarnya.
Untuk lebih khidmat, peringatan HUT ke-56 Sinesa dimeriahkan juga dengan Khotmil Quran dan doa bersama, pada Jumat (8/1) kemarin. Acara ini pun diikuti seluruh siswa secara virtual. Hanya pengurus OSIS dan guru saja yang mengaji di sekolah. “Bagi yang sekolah kami berlakukan protokol kesehatan yang ketat. Acaranya di ruangan dengan jarak satu sama lain lebih dari satu meter dan memakai masker,” terang Isnani.
Sebagai puncak acara, pada Sabtu (9/1) hari ini, Sinesa akan menggelar webinar motivasi. Mendatangkan narasumber dari luar, seorang alumni Sinesa yang sukses.
Dan uniknya, di webinar ini juga menghadirkan seorang siswa yang tekun dan aktif selama pembelajaran daring. “Harapannya agar siswa yang lain juga termotivasi untuk rajin belajar dan aktif mengikuti KBM secara daring,” paparnya.
Ia berharap di tengah kondisi pandemi Covid-19 seluruh warga Sinesa selalu dalam kondisi sehat. Agar bisa menjalankan tugas belajar-mengajar dengan baik. “Doa kami semoga pandemi ini segera berlalu agar anak-anak bisa belajar dengan normal kembali,” harapnya. (imm/adv/jon)