Pendidikan Vokasi UB Gelar Yuwaraja XIII, Dimeriahkan Flashmob, Bincang Vokasi Dan Entrepreneur

DARING: Pembawa acara memandu jalannya kegiatan Yuwaraja XIII dari Gedung Perkuliahan Pendidikan Vokasi UB.

MALANG, NewMalangPos – Kegiatan Yuwaraja XIII Pendidikan Vokasi UB telah usai digelar. Yuwaraja merupakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Vokasi UB. Dilaksanakan selama dua hari dengan konsep daring. Kegiatan ini digelar sejak Sabtu (21/8) melalui kanal zoom meeting. 

Ketua Panitia Yuwaraja XIII Reza Wahyu Putra Pratama mengatakan ada yang berbeda dalam kegiatan pengenalan kampus tahun ini. Untuk mengurangi kejenuhan mahasiswa baru, tim panitia mengadakan flashmob secara virtual. Dipandu oleh panitia dari ruang studio di Gedung Perkuliahan Vokasi UB. “Setiap hari kami adakan flashmob di sela materi. Agar peserta mahasiswa baru tidak bosan seharian di depan laptop,” katanya kepada New Malang Pos, Minggu (22/8).

Mahasiswa semester III Prodi Akuntansi Terapan ini menyampaikan, tema Yuwaraja XIII yaitu ‘Derap Langkah Harmoni Menguatkan Vokasi Untuk Negeri’. Melalui tema tersebut tim panitia ingin membuka wawasan para peserta. Bahwa di zaman digital kemampuan seseorang tidak cukup hanya secara teori.

Baca Juga :  Mirip KKN, Kampus Mengajar Dinilai Berpotensi Jadi Pemborosan

Butuh penguatan secara skill atau keterampilan untuk mendukung kompetensi yang dimiliki. Tujuannya agar mampu bersaing di dunia kerja atau dunia indsustri. “Pintar saja tidak cukup. Tapi juga harus terampil. Karena di dunia industri yang dibutuhkan praktisi yang handal,” terangnya.

TETAP SEMANGAT: Tim panitia memonitor para peserta mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan Yuwaraja XIII secara daring

Ia berharap tema tersebut tidak sekedar menjadi tulisan. Tetapi dapat diimplementasikan oleh mahasiswa Vokasi UB untuk melangkah di masa yang akan datang. “Agar di waktu yang akan datang vokasi lebih kuat. Kami yang merupakan mahasiswa vokasi harus mampu berkontribusi besar untuk kemajuan bangsa ini,” terangnya.

Reza menerangkan tujuan dari Yuwaraja sendiri adalah untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru tentang dunia kampus. Sebab mereka saat ini memasuki masa peralihan dari kehidupan sekolah ke perguruan tinggi. “Maka sebelum mengikuti program perkuliahan, perlu adanya kegiatan pengenalan lebih dulu. Supaya mereka lebih siap mengikuti program-program perkuliahan atau kemahasiswaan,” jelasnya.

Baca Juga :  KKN UMM di Kelurahan Tanjungrejo Sukun

Yuwaraja XIII diikuti sebanyak 1500 mahasiswa baru Vokasi UB. Mereka berasal dari lima Program Studi (Prodi). Yakni Prodi Administrasi Bisnis, Keuangan Perbankan, Desain Grafis, Manajemen Perhotelan dan Teknologi Informasi.

Para peserta berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Mengikuti secara serentak secara daring. Meskipun begitu, kata Reza, tim panitia tidak mengalai kendala yang berarti.

Bagi peserta mahasiswa baru yang kesulitan, diimbau untuk menyampaikan pada supervisor masing-masing. “Kami bersyukur sejauh ini kegiatan berlangsung lancar. Untuk kendala teknis jaringan sudah kami data sebelumnya para Maba yang berada di pelosok. Agar penanganannya lebih mudah,” tukasnya.

Sementara untuk pihak panitia sendiri terdiri dari 153 mahasiswa. Meski begitu tidak semuanya hadir ke kampus. Sebagian memonitor dan berkoordinasi melalui daring. “Panitia saja ada yang offline. Tidak semua datang ke kampus.  Bahkan mereka hadir ke kampus harus di swab lebih dulu,” imbuhnya.

Baca Juga :  Siapkan Bahan Kuliah Jam 02.00, Ngajar Selepas Ngantor

Yuwaraja XIII dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama pembukaan. Ada sambutan dari Direktur Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya, Prof. Dr.Unti Ludigdo, SE,. M.Si., AK. Dilanjutkan dengan pemasangan name tag kepada perwakilan mahasiswa baru sebagai simbolis.

Kemudian ada Bincang Vokasi bersama Dr. Benny Bandanadjaya, ST., MT selaku Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dan dilanjutkan dengan materi Bidang Umum, Personalia dan Keuangan serta materi Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Di hari kedua ada pengenalan organisasi kemahasiswaan, DPM dan BEM Vokasi UB. Kemudian ada materi kewirausahaan, pengenalan mahasiswa berprestasi Pendidikan Vokasi dan Pengenalan Ketua Program Studi. (sir/imm)

Pilihan Pembaca