Pencipta Syubbanul Wathan dan Sholawat Badar Diganjar Penghargaan Gubernur Khofifah

APRESIASI: Gubernur Khofifah memberi penghargaan Jer Basuki Mawa Beya untuk pencipta lagu Subhanul Wathan di Gedung Grahadi, kemarin siang. (NMP-HARY SANTOSO)

SURABAYA, NewMalangPos – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas kepada pencipta lagu “Syubbanul Wathan” KH Abdul Wahab Chasbullah dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Gedung Negara Grahadi.

Penghargaan itu diserahkan langsung pada putrinya, Hj Nyai Machfudhoh Aly Ubaid, seusai upacara peringatan Hari Santri. 

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada pencipta Shalawat Badar KH Ali Manshur Shiddiq yang diwakili keluarganya KH Syaiful Islam. 

Lagu “Syubbanul Wathan” karya KH Abdul Wahab Chasbullah diciptakan tahun 1916. Pemerintah sendiri berencana memasukkan lagu ini sebagai lagu perjuangan nasional dengan menggubah syairnya ke dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Baca Juga :  Kesaksian Warga soal Jambret di Kota Pasuruan hingga Bocah SD Terseret Motor

Sementara, Shalawat Badar diciptakan oleh KH. Ali Manshur Shiddiq pada tahun 1962 pasca dekrit 1959 dan jelang meletusnya Gestapu di tahun 1965.

Sholawat badar digunakan oleh Kader NU untuk menyemangati diri dan sebagai simbol pembeda lagu Genjer-Genjer kala itu.

“Penghargaan ini mungkin terasa kecil artinya jika dibandingkan dengan sumbangsih keduanya terhadap Indonesia,” ungkap Khofifah. (has)

artikel Pilihan