Pemkot Batu Lanjutkan Tradisi Bantuan Bagi Veteran

TRADISI: Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko M.Si, menyerahkan insentif bagi veteran kepada Ketua DPC LVRI Kota Batu, Handri Israwan usai upacara HUT ke-76 RI di Balai Kota Among Tani Batu Selasa (17/8). (NMP/KERISDIANTO)

KOTA BATU, NewMalangPos – Pemkot Batu kembali menyalurkan insentif kepada 35 veteran dan 97 janda veteran tepat di hari peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia.

Pemberian insentif tersebut menjadi tradisi tahunan serta menjadi program satu-satunya yang dilakukan oleh Pemda di Indonesia, dalam hal ini Pemkot Batu tepat saat hari Kemerdekaan RI.

Pada kesempatan tersebut, penyerahan bantuan diberikan usai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-76 RI di Balai Kota Among Tani Batu Selasa (17/8) pagi tadi. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si., kepada Ketua DPC LVRI Kota Batu, Handri Israwan.

“Program insentif bagi veteran menjadi satu-satunya dan pertama yang dilakukan oleh Pemkot Batu. Insentif veteran dan janda veteran diberikan empat kali dalam setahun di momen-momen seperti HUT Kemerdekaan RI, HUT Kota Batu, Hari Pahlawan dan Hari Raya Idul Fitri,” ujar Dewanti kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Arema FC Batalkan Rencana Uji Coba

Ia menjelaskan bantuan yang diberikan setiap momen senilai Rp 1 juta kepada masing-masing veteran dan janda veteran. Pemberian insentif diberikan melalui transfer ke rekening para legiun veteran penerima bantuan. Sehingga dalam setahun veteran dan janda veteran mendapatkan insentif sejumlah Rp 4 juta.

PROKES: Upacara HUT ke-76 RI oleh Pemkot Batu digelar secara terbatas dan menerakan prokes di Balai Kota Among Tani Batu Selasa (17/8). (NMP/KERISDIANTO)

Di sisi lain, sesuai tema hari Kemerdekaan RI yaitu Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Dewanti meminta agar tema tersebut menjadi momentum bagi semua elemen untuk menjadi semakin tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Kepada seluruh masyarakat, tepat di usia RI yang 76 ini, mari kita jadikan Indonesia yang tangguh dan tumbuh dalam segala hal. Terutama dalam kondisi pandemi saat ini agar segala sektor, khususnya perekonomian mampu tumbuh kembali,” harapnya.

Baca Juga :  Perburuan Anemon Rusak Terumbu Karang Pulau di Alor

Lebih lanjut, untuk bisa mengaplikasikan tema tersebut orang nomor satu di Kota Batu ini meminta agar semua elemen mengikuti saran pemerintah dengan menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu Indonesia, khususnya Kota Batu akan menjadi daerah yang tangguh dan tumbuh di tengah pandemi.

Sementara itu Ketua DPC LVRI Kota Batu, Handri Israwan menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian Pemkot Batu atas pemberian insentif selama empat kali dalam setahun. Pasalnya Pemkot Batu menjadi yang pertama dan satu-satunya daerah yang yang selalu memperhatikan kesejahteraan veteran dan janda veteran.

Baca Juga :  Penghormatan Terakhir Untuk Korban Covid-19 Warga Kota Malang Mengheningkan Cipta

“Atas nama DPC LVRI Kota Batu, saya ucapkan terima kasih karena dari 2008 hingga kini insentif tetap disalurkan. Mudah-mudahan dicontoh kota/kabupaten lainnya. Apalagi di tengah pandemi seperti ini insentif sangat dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-haru,” paparnya.

Di kesempatan kemerdekaan RI tersebut, pahlawan 45 ini berharap agar para penerus bangsa dan generasi muda tidak terjerumus pada hal negatif seperti narkotika. Pasalnya mempertahankan kemerdekaan lebih sulit dilakukan jika dibanding dengan merebut kemerdekaan.

“Dulu pejuang telah mempertaruhkan jiwa raganya memperebutkan kemerdekaan RI. Saya harap generasi muda tetap mempertahankan kemerdekaan dan membawa kemajuan bangsa dengan tidak melakukan hal negatif seperti narkotika. Ini menjadi tantangan dan PR bersama untuk kemajuan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (eri/ley)

Pilihan Pembaca