Pemerintah Jerman Izinkan Seluruh Masjid Kumandangkan Azan di Kotanya

Cologne Central Mosque masjid terbesar di Jerman. (Foto: istockphoto/horstgerlach/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Pemerintah Kota Colongne, Jerman, mengizinkan kepada seluruh 35 masjid di kota itu untuk mengumandangkan azan melalui pengeras suara setiap Jumat.

Izin itu keluar setelah pemerintah kota dan komunitas muslim Colongne sepakat mengurangi pembatasan aktivitas beribadah di tempat publik.

“Mengizinkan seruan muazin bagi saya adalah sebuah tanda menghormati,” kata Wali Kota Cologne, Henriette Reker, melalui kicauan di Twitter, pada awal pekan ini, dikutip CNN Indonesia, Rabu (13/10).

Di bawah kesepakatan itu, semua masjid yang ada di Cologne akan diizinkan untuk mengumandangkan azan hingga lima menit pada hari Jumat antara siang dan jam 3 sore waktu setempat.

Baca Juga :  Youtube Hapus Video dan Blokir Channel Donald Trump

Cologne juga menjadi rumah bagi masjid terbesar di Jerman, Cologne Central Mosque, yang baru dibuka pada 2018 setelah menjadi sentimen anti-Muslim dari kaum ekstrem kanan di negara itu.

Pemerintah Cologne menegaskan bagi masjid yang ingin mengumandangkan azan tetap harus mematuhi batasan volume pengeras suara.

Menurut Reker, panggilan untuk melaksanakan salat akan terdengar beriringan dengan lonceng katedral Cologne bagi mereka yang tiba di stasiun kereta api utama kota. Gereja itu merupakan Gereja Gotik terbesar di Eropa Utara.

Baca Juga :  Kim Jong Un Akui Kesalahan di Depan Partai Berkuasa Korut

“Ini menunjukkan bahwa keragaman dihargai dan hidup di Cologne,” lanjut Reker seperti dikutip Reuters.

Saat ini ada sekitar 4,5 juta muslim tinggal di Jerman. Muslim menjadi kaum minoritas agama terbesar di negara Eropa itu. (isa/rds/cnni/mg8/mg2/jon/nmp)

artikel Pilihan