Pembacok Imam Masjid di Pasuruan Tertangkap, Pelaku Ternyata Tetangga Sendiri

Pelaku pembacokan imam masjid di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin/Detik News)

NewMalangPos – Pelaku pembacokan imam masjid di Pasuruan akhirnya ditangkap. Setelah dua pekan diburu, pelaku akhirnya diketahui merupakan tetangga korban sendiri.

Pelaku pembacokan imam masjid, Abd. Syukur (73), warga Pasrepan, Pasuruan itu adalah Mustamar (47), tetangga korban. Rumah korban dan pelaku sama-sama di Dusun Winong Barat. Pelaku diamankan polisi di rumahnya.

Penangkapan pelaku berdasarkan keterangan dari saksi-saksi. Terutama fakta bahwa pelaku tak terlihat menolong korban saat kejadian meski tetangga dekat.

“Petugas juga mengamankan baju warna abu-abu yang terdapat bercak darah. Bercak darah di baju itu kemudian kami uji lab dan terdapat kecocokan dengan darah korban,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, dikutip Detik News, Senin (15/3).

Baca Juga :  Kerja Bareng Tiga Kementerian, Lepas Ekspor Produk Pertanian di Jatim Senilai Rp 140 Miliar

Setelah gelar perkara, pelaku ditetapkan sebagai tersangka pembacokan pada korban. Pelaku dijerat pasal 351 KUHP tentang penganiayaan. Ia terancam pidana paling lama 5 tahun penjara.

Sebelumnya, Abdus Sakur, imam masjid asal Desa Pohgading, Kecamatan Pasrepan, Pasuruan, dibacok saat hendak salat subuh pada awal Maret 2021. Korban dibacok mendadak dari belakang dengan senjata jenis wedung oleh pria berpenutup kepala.

Korban mengalami luka di bagian punggung, kepala belakang dan bahu, bahkan dua jari tangannya harus diamputasi. Beruntung korban selamat setelah dilarikan warga ke RSUD dr R Soedarsono, Pasuruan. (iwd/dtk/ley/nmp)