Peduli Lindungi

Sugeng Winarno Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UMM

NEW MALANG POS – Peduli Lindungi adalah nama aplikasi yang dikembangkan pemerintah guna menghentikan penyebaran Covid-19.

Aplikasi ini menuntut peran aktif masyarakat agar mau membagikan data lokasinya saat bepergian agar riwayat kontak dengan penderita Covid-19 bisa dilacak. Melalui aplikasi ini, pengguna akan mendapatkan notifikasi jika berada di tempat publik dan berada di zona merah atau ada orang yang terinveksi Covid-19 di sekitar pengguna aplikasi.

Melalui data lokasi, aplikasi ini akan mengidentifikasi lokasi pengguna dan memberi informasi terkait keramaian. Melalui cara ini akan memudahkan pemerintah dalam mengidentifikasi pergerakan dan persebaran orang yang terpapar virus.

Aplikasi ini membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking. Pergerakan manusia dapat dilacak melalui aplikasi ini guna menentukan tindakan penanganan yang tepat dan cepat bila ada yang terkonfirmasi tertular virus Covid-19.

Aplikasi Peduli Lindungi juga menyediakan data sertifikat vaksinasi bagi mereka yang sudah divaksin. Sertifikat ini bisa digunakan untuk keperluan perjalanan dan keperluan kunjungan ke tempat-tempat wisata. Lewat fitur pindai QR Code akan ditampilkan data vaksinasi.

Baca Juga :  Kiai Said, Pendiri PPAI Ketapang, Lulusan Sekolah Belanda

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari beberapa laboratorium yang bekerjasama dengan pemerintah. Melalui Peduli Lindungi ini bisa menjadi sarana yang dibutuhkan dalam menjalani hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19.

Saat ini aplikasi Peduli Lindungi dijadikan syarat untuk bisa masuk mal, supermarket, hypermarket, tempat makan atau restoran, gedung bioskop, transportasi publik, tempat rekreasi, dan sejumlah tempat publik lainnya. Tanpa mengunduh dan menginstal aplikasi ini orang akan sulit melakukan mobilitas fisik. Seperti namanya, aplikasi ini dibuat guna melindungi diri kita dan orang lain dengan saling peduli.

Melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 dinyatakan bahwa untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi mulai tanggal 14 September 2021. Peduli Lindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk membantu pemerintah melakukan pelacakan digital agar dapat menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga :  Warga Malang Raya Boleh Mudik, Ini Wilayah Aglomerasi yang Diperbolehkan

Hidup dengan Beragam Aplikasi
Bagi para pengguna smartphone kini banyak kebutuhan hidup yang dibantu oleh beragam aplikasi. Sebut saja untuk membeli makanan orang menggunakan aplikasi GoFood. Untuk trasportasi bisa menggunakan GoJek, GoCar, GoSend, atau aplikasi tansportasi yang lain. Untuk belanja online tak sedikit yang menggunakan beragam laman online shop seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopie, Blibli, Lazada, JD.ID, dan beragam laman penjual online lainnya.

Untuk urusan kesehatan juga tak sedikit layanan yang hadir lewat aplikasi. Aplikasi Halodoc, M-Health, Bersatu Lawan Covid-19, 10 Rumah Aman, Telemedicine, dan beragam aplikasi untuk keperluan kesehatan yang lain. Sejumlah aplikasi ini sangat membantu banyak orang terutama pada situasi pandemi Covid-19 dimana orang tak bisa bertemu dokter praktik dan datang ke rumah sakit dengan lebih leluasa.

Tak hanya itu, sejumlah aplikasi untuk kepentingan ibadah juga sudah lama ada. Munculnya aplikasi Al Qur’an digital, hadist online, aplikasi penunjuk arah kiblat, penentu waktu sholat, pengingat ibadah-ibadah sunah, dan aneka aplikasi yang dibuat guna membantu manusia dalam menjalankan ibadah dari beberapa agama. Ibadah menjadi semakin mudah dengan munculnya sejumlah aplikasi pendukung ibadah.

Baca Juga :  Mampukah Pilkada Melawan Covid-19

Aplikasi penyedia hiburan juga semakin banyak variannya. Ada Spotify untuk menikmati aneka podcast dan pemutar lagu pilihan. Muncul pula Netflix dan Iflix yang menyediakan beragam film dan acara televisi. Munculnya aplikasi SHAREit juga memanjakan penggunanya dalam berbagi konten digital seperti video, lagu, dan film pendek. Aneka aplikasi berupa game juga tak terhitung banyaknya yang memanjakan para penggunanya dalam menikmati hiburan yang digemarinya.

Selain itu, aplikasi terkait dengan kebencanaan, aplikasi untuk berdonasi dan membantu sesama juga bermunculan. Aplikasi pendukung pembelajaran mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi juga banyak diakses. Aplikasi yang membantu para petani, nelayan, pedagang, dan aneka profesi manusia juga ada. Beragam aplikasi dibuat dengan bantuan kemajuan teknologi internet. Semua aplikasi itu dibuat untuk membantu memudahkan aktivitas para penggunannya.

artikel Pilihan