Pedagang Pasar Besar Batu Segera Direlokasi

Pasar Besar Kota Batu di Jalan Dewi Sartika segera direvitalisasi tahun ini. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

Proyek Revitalisasi Dimulai Tahun Ini

MALANG, NewMalangPos – Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu dipastikan dimulai tahun ini. Pembangunannya dilakukan bertahap hingga tahun depan. Pedagang di pasar terbesar di Kota Batu itu rencananya direlokasi tahun ini.

Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu Bangun Yulianto. ”Hasil koordinasi yang telah kami lakukan dengan Kementerian PUPR telah memastikan dan menjamin Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Pasar Besar Batu sudah dalam proses,” kata Bangun kepada New Malang Pos, Kamis (24/6) kemarin.

Baca Juga :  LIMA KUNCI NAIK KELAS

Ia menjelaskan besaran anggarannya dalam DIPA tidak langsung sepenuhnya sesuai Perpres No80 tahun 2019. Perpres tersebut tentang percepatan pembangunan ekonomi di Jatim senilai Rp 200 miliar. Namun secara anggaran pelaksanaan pembangunan dilakukan bertahap.

“Namanya saja multiyears berarti ada pentahapan. Untuk besaran berapa adalah wewenang Kementerian PUPR. Bisa saja tahapan pertama 10 persen dulu tahun 2021, kemudian 90 persen di tahun 2022. Yang jelas start fisik tahun ini,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menerangkan ketersedian anggaran tahun ini kemungkinan lebih kecil. Karena bobot pengerjaan fisik yang besar akan dilaksanakan pada tahun 2022. Bangun menambahkan terkait DED Pasar Besar Batu diserahkan ke pihaknya. Diungkapkan telah melalui beberapa penyesuaian dan telah disetujui.

Baca Juga :  Rumah Produksi Bakso Kobong, Tiga Karyawan Terbakar

“DED telah rampung dan menghabiskan anggaran Rp 2,1 miliar. Dalam proses penyesuaian yang menilai Komisi Keselamatan Bangunan Gedung (KKBG) yang dibentuk Kementerian PUPR,” jelasnya.

Untuk diketahui, jika pelaksanaan pembangunan Pasar Besar dilakukan tahun ini maka Diskumdag Kota Batu wajib menyiapkan lahan relokasi bagi pedagang.

Sebelumnya disampaikan Kepala Diskumdag Kota Batu Eko Suharsono,  pihaknya telah menyiapkan anggaran relokasi bagi pedagang. Anggaran relokasi yang telah disetujui legislatif sebanyak Rp 5,7 miliar.

“Anggaran relokasi sudah ada. Rencananya untuk relokasi akan ditempatkan di sekitar Pasar Besar dan pasar sayur,” bebernya.

Baca Juga :  Hilang Pekerjaan Tak Bikin Putus Asa Malah Jadi Kreatif

Anggota Komisi C DPRD Kota Batu Didik Machmud mengaku belum mendapat kabar terkait kejelasan DIPA pembangunan Pasar Besar. Meski begitu pihaknya telah menganggarkan untuk relokasi pedagang.

Jumlah pedagang di Pasar Besar Kota Batu smencapai sekitar 3.200 pedagang. Itu meliputi pedagang unit I – V hingga PKL pasar pagi. (eri/van)