Pasien HIV Sembuh di Inggris, Pria Ini Jadi Orang Kedua di Dunia

Ilustrasi: Seorang pria asal London, Inggris, dinyatakan sembuh dari infeksi HIV setelah menjalani perawatan terapi.

NewMalangPos– Dunia akhirnya mendapatkan orang kedua sembuh dari HIV. Seorang pria di Inggris bernama Adam Castillejo dinyatakan sembuh dari HIV.

Pria bernama Adam Castillejo itu telah bebas dari virus HIV yang hidup di tubuhnya selama 30 bulan. Jurnal medis The Lancet melaporkan, kesembuhan ini didapat setelah Castillejo menjalani perawatan terapi sel punca.

Sebelum Castillejo, Timothy Brown asal Berlin, Jerman, dinyatakan sebagai orang pertama di dunia yang sembuh dari infeksi HIV. Kesembuhan didapat setelah Brown menjalani perawatan serupa.

Baca Juga :  Rusia Deteksi Kasus Pertama Flu Burung H5N8 pada Manusia

Melansir The Independent, donor sel punca yang diterima oleh Castillejo memiliki gen yang tidak umum, yang memberikannya perlindungan terhadap HIV.

Castillejo pun ditemukan tak lagi memiliki viral load HIV yang aktif dalam darah, air mani, atau jaringan lainnya. Dia dinyatakan bebas dari virus lebih dari setahun yang lalu.

Para ilmuwan mengatakan, transplantasi sel punca tampaknya menghentikan kemampuan virus untuk mereplikasi dirinya sendiri di dalam tubuh dengan mengganti sel kekebalan pasien dengan sel donor yang melawan infeksi.

Baca Juga :  Tim WHO Tiba di Wuhan untuk Selidiki Asal-usul Virus Corona

Dilaporkan CNN Indoneia, Senin (15/3), skrining yang dilakukan Castillejo menemukan, 99 persen sel-sel kekebalan tubuhnya telah digantikan oleh sel donor.

“Temuan kami menunjukkan bahwa keberhasilan transplantasi sel punca sebagai obat HIV, yang pertama kali dilaporkan sembilan tahun lalu pada pasien di Jerman, dapat direplikasi,” ujar peneliti, Profesor Ravindra Kumar Gupta dari Cambridge University kepada BBC.

Obat HIV antiretroviral (ARV) juga disebut sangat efektif serta memungkinkan orang dengan HIV dapat hidup lebih lama dan sehat.

“Pengobatan ini [donor sel punca] dilakukan hanya sebagai upaya terakhir untuk pasien dengan HIV yang memiliki keganasan hematologis yang mengancam jiwa,” ujar Gupta.

Baca Juga :  5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Artinya, terapi sel punca tak akan ditawarkan sebagai metode pengobatan umum yang diberikan pada pasien HIV. (asr/cnni/mg2/ley/nmp)