Pandemi Jadi Alasan Gisel Ajukan Hadiri Sidang Secara Virtual

9
new malang pos
Gisel ajukan hadiri sidang kasus video seks secara virtual / Foto: Palevi/detikcom

Jakarta, NewMalangPos -Gisella Anastasia menjadi salah satu saksi yang dinantikan di sidang terdakwa penyebar video seks. Tak hanya Gisel, Michael Yukinobu Defretes juga menjadi saksi yang diminta tetap hadir dalam persidangan.

Terkait dengan hal itu, pihak Gisella Anastasia berencana hadir namun secara virtual atau melalui daring. Hal ini merupakan salah satu kekhawatiran Gisel karena penyebaran COVID-19 di sejumlah wilayah masih banyak, dikutip detikcom, Rabu (17/3).

“Karena kan mengingat sekarang kan sedang COVID-19 seperti ini gitu. Itu salah satunya,” ujar Toddy Lagabuana, kuasa hukum Gisel saat dihubungi lewat sambungan telepon.

“(Alasan selain COVID-19) nggak sih, yang lebih ini karena COVID-19 itu,” sambungnya.

Terkait dengan rencana kehadiran sidang secara daring itu, Toddy menjelaskan Gisel belum mendapat kepastian dari pihak pengadilan. Besar kemungkinan Gisel masih harus menjalani sidang secara langsung hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Iya minggu depan, belum dapat kabar juga, belum dapat jawaban (soal sidang daring). (Kemungkinan hadir langsung) iya,” tutur Toddy.

Meski begitu, Roberto Sihotang selaku kuasa hukum dari salah satu terdakwa penyebar pun sempat meminta agar Gisel dan Nobu hadir secara langsung. Roberto menegaskan hal ini saat ditemui awak media usai sidang kemarin.

Roberto mengkhawatirkan adanya kesaksian palsu yang dinyatakan Gisel jika menjalankan sidang secara daring. Soal kekhawatiran dari pihak tersangka itu pun mendapat tanggapan dari Toddy.

“Wah itu terserah dari pihak sana, itu kan alibi mereka kalau kita tetap mengajukan permohonan itu (sidang daring)” jawab Thoddy.

“(Kesaksian palsu) nggak, kan selama ini pun semenjak COVID-19 pun di pengadilan kan banyak melalui virtual. Itu kan hal yang biasa, menghindari kerumunan juga kan, berarti dengan Gisel nya datang kan takutnya malah jadi buat klaster COVID-19 lagi, alasan salah satunya,” paparnya lagi.

Selain itu, Toddy juga menjawab kemungkinan jika permintaan Gisel hadir di persidangan secara daring tak dikabulkan pengadilan. Toddy merasa tak masalah dan Gisel juga akan menyempatkan diri untuk hadir secara langsung.

“Ya kalau dari klien saya sih apapun keputusannya kalau memang dibutuhkan untuk hadir ya akan hadir, Gisel siap,” tutup Toddy.

(doc/pus/dtk/nmp)