Pameran Produk Inovasi Meriahkan Vaksinasi di SMK Negeri 6 Malang

ilustrasi SMK Negeri 6 Malang

NEW MALANG POS, MALANG – Pameran Produk Inovasi Siswa memeriahkan kegiatan vaksinasi SMKN 6 Malang. Pameran ini didukung oleh Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI).

Karena visi yang diusungnya dalam memberikan informasi tentang tanaman, pameran ini memberikan kesan positif bagi masyarakat untuk saling peduli terhadap lingkungan sekitar.

Terlihat ada empat stan yang memamerkan produk inovasi. Salah satu produk yang dipamerkan yaitu Puralin. Satu jenis pupuk kandang yang berasal dari hewan kelinci. Puralin sendiri memiliki kadar nutrisi paling tinggi sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Selain produk inovasi Puralin ada juga karya siswa di bidang otomotif, yakni pameran mobil dan motor tanpa Bahan Bakar Minyak (BBM). Stan ini menjadi salah satu yang mendapat perhatian dari pengunjung. Mereka antusias bertanya tentang kelebihan satu mobil yang menghabiskan dana 40 juta dengan menggunakan 6 aki.

Baca Juga :  Konsisten Tumbuhkan Budaya Akademik, Knowledge Sharing AKFAR PIM Dihadiri Ratusan Peserta

Sementara itu, kegiatan vaksinasi SMKN 6 Malang berlangsung dengan lancar. Diikuti sekitar 1600 dari total 2439 siswa. Karena 450 siswa kelas XII telah divaksin di luar sekolah. Sementara sisanya ada kendala kesehatan dan belum mendapat izin dari orang tua.

Kepala SMKN 6 Malang, Drs. Sidik Priyono, belum dapat memastikan berapa total siswa yang sudah melakukan vaksinasi di sekolah. Hanya ia memperkirakan terdapat lima persen saja siswa yang divaksin. “Kami belum bisa mengetahui jumlah siswa yang divaksin, karena sebagian juga belum diperkenankan orang tuanya,” katanya.

Baca Juga :  Rektor ITN Wafat, Pemerintah Kota Malang Sangat Kehilangan

Dalam vaksinasi ini SMKN 6 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Klinik Polresta dan Polkesma. Ada sekitar 60 orang tenaga kesehatan yang terlibat. Sidik mengungkapkan upaya dan perjuangan sekolah untuk mendapatkan kesempatan vaksin adalah salah satu keberuntungan. “Alhamdulillah itu rizki sekolah, kami juga tidak percaya bisa mendapatkan (jatah vaksin), ” ucapnya.

Vaksin yang diberikan oleh Dinas Kesehatan kepada siswa SMKN 6 adalah jenis vaksin sinovac. Dosis pertama yang diberikan sebanyak 2000 dosis dan mendapat tambahan 300 dosis. Dosis kedua rencananya akan diselenggarakan pada Oktober 2021 mendatang.

Kegiatan vaksinasi mendapat respon yang positif dari para siswa. Mereka terlihat antusias. Diantaranya mengaku gembira karena dengan divaksin maka kesehatan mereka lebih terjaga. Dan tentunya memberikan rasa tenang saat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM). “Kami senang, vaksinasi ini sangat bermanfaat terutama bagi kami yang akan melaksanakan PTM,” ujar Fidan, salah satu siswa.

Baca Juga :  Virtual Parenting SMP Islam Sabilillah Malang, Orang Tua Role Model Kehidupan Anak

SMKN 6 Malang sudah mulai menerapkan PTM dengan persentase 21,5 persen dari 14 kelas. Rencananya Oktober mendatang akan dinaikkan menjadi 24 persen dari 73 kelas. PTM dilaksanakan secara bergilir. Satu siswa mendapat kesempatan satu kali dalam seminggu.

Kegiatan vaksinasi ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Krisdayanti dan Wali Kota Malang Sutiaji. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat langsung perkembangan vaksinasi dan memberikan semangat kepada para siswa beserta tenaga kesehatan yang bertugas. (mg1/imm/udi)

artikel Pilihan