Pagu Anggaran Pasar Lesanpuro Dipatok Rp 1,29 M

Pasar Lesanpuro menjadi pasar rakyat yang butuh revitalisasi. Tahun ini pagu anggarannya sudah diapatok. (NMP-M.Mansyur)

MALANG, NewMalangPos– Tahun ini, satu lagi pasar rakyat Kota Malang yang akan segera dilakukan revitalisasi. Salah satunya yang prosesnya sudah masuk ke tahap lelang jasa konstruksi adalah Revitalisasi Pasar Lesanpuro.

Pagu anggaran untuk pelaksanaan revitalisasi Pasar Lesanpuro adalah Rp 1.295.817.757,00 atau Rp 1,29 Miliar.

Anggaran diambil dari APBD Kota Malang tahun anggaran 2021. Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Malang per 6 April 2021 kemarin lelang untuk jasa konstruksi fisik Pasar Lesanpuro masuk tahap pengumuman pascakualifikasi peserta.

Baca Juga :  BRI Syariah Malang Lapor Kantor Pusat

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang M Sailendra ST MT menjelaskan revitalisasi pasar rakyat diupayakan betul untuk tidak merelokasi pedagang dengan jarak yang jauh.

“Kegiatan revitalisasi dilakukan tanpa relokasi pedagang. Karena tidak dibutuhkan pembongkaran total,” papar Syailendra saat ditanya mengenai rencana revitalisasi pasar rakyat Lesanpuro dan pasar lainnya di tahun ini.

Rencananya tidak hanya Pasar Lesanpuro saja yang direvitalisasi tahun ini, berbarengan dengan Pasar Lesanpuro akan dilakukan revitalisasi Pasar Madyopuro dan Pasar Kotalama. Diketahui Pasar Lesanpuro memiliki kurang lebih 200 pedagang.

Baca Juga :  Klub Kompak Ingin Liga 1 2021

Proses saat ini memang sebagian besar masih dalam tahap lelang. Segera setelah ditemukan pemenang lelang jasa konstruksinya, pengerjaan fisik pasar akan segera dilakukan.

“Sehingga sampai akhir tahun ini nanti pasar sudah selesai diperbaiki,” jelas Syailendra.

Konsep revitaliasi pasar-pasar ini tetap berpedoman pada konsep pasar rakyat yang modern. Seperti pasar percontohan di Pasar Oro-Oro Dowo dan Pasar Klojen yang sudah lebih dahulu direvitalisasi. (ica/ggs)