OSHIKA MABA 2021 Universitas Islam Malang, Akselerasi dan Transformasi Budaya Pendidikan Tinggi

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M. Si menyampaikan pidatonya dalam kegiatan OSHIKA MABA 2021 di Gedung Bundar Unisma, tadi pagi. (FOTO: NMP-IMAM)

MALANG, NewMalangPos – Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (OSHIKA MABA) 2021 Universitas Islam Malang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. OSHIKA MABA tahun ini dikemas dalam kegiatan Rapat Terbuka Senat Unisma, dengan menghadirkan secara virtual Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin dan pejabat lembaga tinggi negara. Diantaranya Wakil MPR RI Ahmad Basarah, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M. Si merasa tersanjung dengan kehadiran dan keterlibatan para pejabat negara tersebut. “Ini menjadi satu kebangaan bagi kami dapat menyambut kehadiran maba melalui rapat senat terbuka dan ini pertama kali di Unisma,” ujarnya.

Baca Juga :  Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPN Dibuka

Mengawali pidatonya dalam OSHIKA MABA, Senin (6/9), Prof Maskuri mengungkapkan bahwa Unisma saat ini memiliki empat julukan. Pertama sebagai Kampus Hijau karena lingkungannya yang asri dan di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Kedua Kampus Unggul, karena Unisma termasuk kategori kampus unggul nasional. Berada di peringkat 44 dari 6470 PT se Indonesia. Dan menjadi PTNU terbaik di Indonesia, serta terbaik di Malang Raya versi Kemendikbud Ristek RI tahun 2020.

Ketiga, Kampus Islam sebab mengembangkan nilai-nilai keislaman. Dan julukan keempat, Kampus Multikultural. Karena mahasiswa Unisma berasal dari 34 negara, dan 33 provinsi di Indonesia, dengan beragam suku, agama, etnis dan adat istiadat.

Baca Juga :  7 Tablet Murah untuk Belajar Online di Rumah

Sementara itu, laporan kegiatan OSHIKA MABA disampaikan oleh Wakil Rektor 3 Unisma Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P. Dalam kesempatan tersebut, Badat menyampaikan bahwa OSHIKA merupakan aktivitas pertama bagi mahasiswa baru. Melalui kegiatan ini, mahasiswa baru akan beradaptasi terhadap pranata studi dan kehidupan kampus.

Ia berharap OSHIKA MABA mampu mengakselerasi dan mentransformasi model kehidupan sekolah menuju kehidupan perguruan tinggi. “Mahasiswa baru kini berada di lingkungan yang menuntut mereka lebih mandiri, dewasa, sarat dengan budaya ilmiah dan kritis terhadap fenomena sosial,” ucapnya.

Baca Juga :  Terinspirasi Harvard University, Pengukuhan Tiga Guru Besar UMM Digelar Outdoor

Di awal acara, Wakil Rektor IV Unisma Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P. membacakan Surat Penetapan Rektor tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021-2022. Jumlah mahasiswa baru Unisma tahun ini sebanyak 4527 mahasiswa. Dengan rincian, Program S1 sebanyak 3954 mahasiswa, S2 sebanyak 541 mahasiswa, dan S3 sebanyak 32 mahasiswa. (imm)

Pilihan Pembaca