Opsi Kontrak Duo Asing

Sepakat Semusim, Bisa Didepak Lebih Awal atau Dipertahankan

Malang, NewMalangPos – Dua pemain asing anyar Arema FC, Renshi Yamaguchi dan Adilson ‘Maringa’, resmi berkostum Singo Edan untuk musim 2021. Mereka akan menjadi bagian dari skuat selama satu kompetisi Liga 1 yang berakhir di bulan Maret 2022. Kontrak keduanya diperlakukan sama. Ada opsi untuk mendepak lebih awal, ada juga opsi mempertahankannya lebih lama.

Dua opsi tersebut akan menyesuaikan sejumlah kondisi. Manajemen juga sudah mempersiapkan langkah-langkah preventif dan tentunya disepakati kedua belah pihak terkait dengan kontrak kerja di Arema FC. Untuk itu, ada sejumlah klausul yang disertakan di dalam kontrak mereka.

Baca Juga :  Euro 2020: Pertemuan Italia dan Austria di 16 Besar

General Manager Arema FC Ruddy Widodo mengungkapkan ada salah satu klausul soal kompensasi dan pemutusan kontrak terkait dengan kelangsungan kompetisi. Liga 1 musim 2021 yang bakal diputar 10 Juli 2021 mendatang sudah mendapat izin dari kepolisian. Hanya saja, polisi juga tidak segan untuk menghentikan kembali kompetisi apabila protokol kesehatan gagal ditegakkan atau kondisi nasional semakin parah.

“Soal isi kontraknya itu ya secara umum, pasti ada poin-poin yang kami sertakan di dalamnya. Misalnya kita sudah pengalaman soal kelangsungan Liga 1. Andaikan ada force majeur, kompensasinya seperti apa, itu sudah dicantumkan,” jelas Ruddy.

Baca Juga :  Menpora Apresiasi Kontribusi Supporter Nonton dari Rumah Saja

Selain itu, ada juga poin di dalam kontrak yang membahas tentang performa para pemain selama di Arema FC musim depan. Sebab, pemain asing di klub-klub Liga 1, khususnya Arema FC, punya tuntutan untuk berada di standar yang lebih tinggi dibandingkan para pemain lokal.

“Terus misal performa mereka kurang atau under perform, kompensasinya buat mereka seperti apa. Itu sudah ada,” ujar Ruddy.

Namun, seandainya performa pemain asing bagus atau melebihi eksepektasi, Arema FC juga memberikan opsi perpanjangan kontrak. Jadi bukan hanya soal batas bawah performa pemain asing yang diingatkan, melainkan juga kemampuan pemain asing menaikkan performa mereka di level paling tinggi.

Baca Juga :  Roland Sumarna, Korban Rumah Hanyut Hendak Selamatkan Motor

Media Officer Arema FC Sudarmaji menyatakan, klub bakal melakukan evaluasi kepada para pemain asingnya selama kompetisi bergulir. “Sebagai informasi, kontrak dua pemain ini selama satu kompetisi. Tapi jika satu kompetisi bisa memberikan kontribusi besar buat Arema  FC, maka akan ada opsi untuk bisa diperpanjang,” jelas dia.

Proses penandatangan kontrak itu dilakukan di Kandang Singa, Rabu (23/6) kemarin. Prosesi sakral itu turut disaksikan langsung oleh General Manager Arema FC Ruddy Widodo, Media Officer Arema FC Sudarmaji, Pelatih Arema FC Eduardo Almeida, dan Pelatih kiper Arema FC Felipe Americo.

(abr/ley)