Olimpiade Tokyo 2020; Jaga Asa Emas Indonesia, Greysia/Apriani Melaju ke Final

Greysia Polii/ Apriani Rahayu berhasil menang di semifinal Olimpiade Tokyo dan berpeluang mendapatkan emas. (BWF Media)

TOKYO, NewMalangPos – Greysia Polii/Apriani Rahayu menorehkan sejarah baru dengan berhasil menembus final Olimpiade Tokyo 2020. Ganda putri Indonesia itu menumbangkan peringkat ke-4 dunia Seung-chan Shin/So-hee Lee asal Korea Selatan dengan skor 21-19 dan 21-17 di Musashino Forest Plaza, Sabtu (31/7).

Hasil apapun nanti di final bakal menjadi sejarah pertama bagi ganda putri Indonesia mendulang medali di ajang olimpiade. Sebelumnya, Greysia/Apriani juga membuat kejutan dengan menjadi pasangan ganda putri pertama Indonesia yang menembus partai semifinal.

Baca Juga :  RSUD Lawang Darurat Keuangan

Pertarungan kedua pasangan terbilang sengit sejak awal. Namun Greysia/Apriani sempat tertinggal 6-11 di interval set pertama. Pengembalian bola Shin/Lee menyulitkan pasangan Indonesia untuk berkembang.

Keadaan tiba-tiba berbalik untuk Indonesia etelah jeda interval. Greysia/Apriani yang punya rekor head-to-head 5-2 atas lawannya itu bisa mengejar dan mengembalikan skor menjadi 13-11. Perlahan tapi pasti, Indonesia mampu mengendalikan permainan dengan mid-rally dan terus unggul hingga memenangi set pertama dengan skor 21-19.

Shin/Lee berinisiatif di set kedua dengan memberiksn tekanan. Mereka terus memimpin di papan skor sampai waktu interval dengan keunggulan 11-8. Cukup banyak bola-bola dari pasangan Indonesia jatuh di luar lapangan.

Baca Juga :  Panas Liga Inggris di Tengah Jadwal Mepet

Meski tertinggal lagi di waktu interval, paasangan peringkat ke-7 dunia itu lagi-lagi mampu mengembalikan kedudukan menjadi 13-12. Momentum ini membuat pasangan Korea Selatan tampak tertekan dan sempat membawa Indonesia menjauh 19-16. Greysia/Apriani akhirnya menuntaskan perlawanan dengan skor 21-17.

Di final, Greysia/Apriani tengah menunggu pemenangan pertandingan antara Hee-yong Kong/So-yeong Kim dari Korea Selatan vs Yifan Jia/Qingchen Chen dari Cina. (abr/ley)

artikel Pilihan