The Relay Run 1260 KM Pecahkan Rekor MURI

NEW MALANG POS, MALANG – The Relay Run berhasil mencatatkan rekor baru lari dengan jarak tempuh terpanjang 1260 kilometer. Rekor baru itu dicatatkan di  Museum Rekor Indonesia (MURI).

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM saat menerima finisher terakhir The Relay Run di Museum Singhasari, Kecamatan Singosari, Kamis (26/11) sore.

“Piagam MURI akan diterima besok (Sabtu) saat pelaksanaan Upacara Hari Jadi ke 1260 Kabupaten Malang,’’ kata Dr Ir Wahyu Hidayat MM.

Dijelaskannya, The Relay Run merupakan event yang digelar Pemerintah Kabupaten Malang dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 1260 Kabupaten Malang. Kegiatan ini diikuti 60 pelari. Tidak hanya dari Kabupaten Malang, ada juga pelari dari luar daerah. Pelaksanaannya selama 20 hari, sejak Sabtu (7/11) lalu yang mengambil start di Lembah Indah, Kecamatan Ngajum. Para pelari secara estafet berlari mengelilingi Kabupaten Malang dan mengeksplore banyak tempat wisata.  Wahyu yang membacakan sambutan Pjs Bupati Malang Drs Sjaichul Ghulam MM ini memberikan apresiasi besar kepada seluruh para pelari.

”The Relay Run juga menjadi gambaran, untuk mencapai finish kita harus berlari, yang artinya mencapai tujuan maupun cita-cita Kabupaten Malang, kita harus bergerak cepat dan mengakselerasikan semua aspek kehidupan,’’ terangnya.

 Menurutnya, cita-cita Kabupaten Malang akan terwujud perlu dukungan semua pihak serta partisipasi aktif seluruh masyarakat. Pihaknya optimis, apabila tercipta kerjasama dan sinergitas yang solid tujuan dan target pembangunan akan segera tercapai. “Pada gilirannya akan menjadikan Kabupaten Malang sebagai daerah yang unggul, maju dan berdaya saing,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Dr Made Arya Wedanthara menambahkan, The Relay Run ini bukan sekadar olahraga lari. Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana promosi tempat-tempat wisata. “Ada 72 tempat wisata yang dieksplore melalui kegiatan ini. Dan ini sangat luar biasa,’’ ungkapnya.

Made  juga mengatakan, The Relay Run mendapatkan sambutan sangat baik. Tidak hanya dari para pelari yang terlibat, tapi juga masyarakat. Pihaknya siap menjadikan event ini dalam agenda tahunan Kabupaten Malang.

Eko Cahyono sebagai finisher terakhir bersama para pelari lainnya sampai di Museum Singhasari pukul 16.30. Dia menyerahkan kembali tongkat estafet kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM. Dalam sambutannya Eko tidak hanya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Malang, tapi dia juga menceritakan lika-liku rute yang menantang. Eko bersukur, karena The Relay Run terlaksana dengan sukses dan lancar. Pria yang mengambil start di Sidodadi Lawang dan meyelesaikan 21 kilometer sampai finish ini juga berharap event ini kembali diadakan tahun depan dengan peserta lebih banyak lagi.(ira/aim)