Rafli-Yudo Rebutan Kuota Senior

NewMalangPos, Malang – Dua striker Arema FC Muhammad Rafli dan Kushedya Hari Yudo mendapatkan pemanggilan training center bersama Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk Sea Games 2021, mulai Senin (8/2) kemarin. Akan tetapi, keduanya harus bersaing untuk berebut kuota pemain kategori senior, karena berusia di atas 23 tahun ketika helatan multievent antar negara Asia Tenggara ini digelar medio November 2021 mendatang.

“Pemanggilan ini untuk SEA Games. Tapi saya masuk kuota senior, soalnya umur saya lewat dua bulan,” kata Muhammad Rafli kepada New Malang Pos.

Jebolan Asifa ini akan berusia 23 tahun pada 23 November nanti atau tepat dua hari sejak upacara pembukaan SEA Games 2021. Sementara Yudo sudah menginjak usia 28 tahun pada tanggal 16 Juli tahun ini. Alhasil, keduanya masuk kategori pemain senior atau over aged players. Jika berkaca pada SEA Games Filipina 2019, maksimal hanya boleh dua orang pemain senior yang diikutsertakan. Namun, sampai saat ini belum ada regulasi resmi dari penyelenggaran SEA Games 2021 mengenai ketentuan usia.

Baca Juga: Arema FC Gandeng RSIA Mawar untuk Swab Antigen

Hanya saja,  Rafli enggan menganggap seniornya itu sebagai saingan sekalipun kuota pemain senior untuk SEA Games sangat terbatas dan keduanya berposisi sama sebagai penyerang. Mereka tetap rekan setim, kata dia, baik di Arema FC maupun di timnas. Menurutnya, baik Yudo maupun dirinya memiliki kelebihannya masing-masing

 “Menurut saya bukan saingan. Tapi dia orang yang buat saya punya motivasi untuk jadi lebih baik, begitupun dengan dia,” ujar Rafli.

Sementara itu, Rafli mengungkapkan kebahagiannya karena dipanggil kembali mengikuti TC Timnas Indonesia untuk SEA Games 2021 dari tanggal 8 Februari – 28 Februari 2021. Sebelumnya, dirinya merupakan bagian dari skuat Garuda pada edisi SEA Games terakhir di Filipina tahun 2019.

“Yang pasti saya sangat senang karena masih bisa dipercaya,” ungkapnya.

Rafli berharap bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya di depan pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-Yong. Sekalipun demikian, pria kelahiran Tangerang tahun 1998 itu merelakan skuat timnas diisi pemain U-22 dan U-19 yang sudah lama mengikuti TC.

“Buat TC ini, saya akan membutikan bahwa saya layak masuk timnas senior,” tegasnya

Rafli beranggapan bahwa pemanggilan sejumlah nama ke TC timnas berdasarkan kerangka skuat SEA Games 2019. Oleh karena itu, namanya masih masuk ke dalam daftar nama yang diproyeksikan untuk SEA Games 2021.

“Mungkin karena tidak ada liga, jadi yang dipanggil adalah kerangka SEA Games tahun lalu (2019, red),” kata dia. (dj8/ley)