Kedodoran di MotoGP 2020, Rossi Salahkan Ban

NEW MALANG POS – Valentino Rossi menyebut ban menjadi salah satu problem utama dirinya dan pembalap Yamaha lainnya kedodoran di MotoGP 2020.

The Doctor mengungkapkan sejak Michelin menjadi penyuplai ban untuk Yamaha, dia dan rekan-rekan setimnya mengalami kesulitan ketika balapan karena kurangnya daya cengkeram pada roda belakang.

“Pada dasarnya sejak Michelin mengambil alih, kami memiliki masalah dengan cengkeraman pada roda belakang untuk waktu yang lama,” kata Rossi dilansir dari Speedweek.

Rossi membandingkannya dengan beberapa tahun lalu ketika Yamaha masih menggunakan ban keluaran Bridgestone. Sampai tahun 2015, motor pabrikan Yamaha merupakan yang terbaik dan menjadi kendaraan papan atas di MotoGP.

“Mungkin yang terbaik atau setidaknya setingkat Honda. Gelar juara dunia dimenangkan dengan ban itu,” ujar pembalap Italia 41 tahun tersebut.

“Tapi sejak kami menggunakan ban ini, kami mengalami lebih banyak masalah. Seolah-olah kami tidak memahami sesuatu, seolah-olah kami tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar,” tambahnya.

Rossi mengungkapkan ban produksi Michelin ini harusnya menjadi ban yang bagus untuk Yamaha, di atas kertas. Namun kenyataannya tidak sama sekali.

Meski ada sedikit perbedaan dengan ban keluaran tahun 2019, namun desain baru yang dari Michelin pada tahun ini rupanya tak membawa kemajuan buat Yamaha.

“Ketika saya mencoba ban untuk pertama kalinya, terlihat sedikit lebih baik dari tahun lalu, tapi masih sangat mirip. Justru itu menjadi ban bagi Suzuki,” kata Rossi.

Rossi kembali melempem di MotoGP musim 2020 ini. Hingga kini, Rossi berada di posisi 15 dengan 68 poin dan menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang terdampar di luar 10 besar klasemen.

Juara dunia MotoGP musim ini menjadi milik pembalap Suzuki Joan Mir. Sementara tiga pembalap Yamaha lainnya, yakni Franco Morbidelli, Maverick Vinales, Fabio Quartararo sempat menjadi pesaing Mir dan berada di papan atas klasemen.

Ketiganya kini bakal memperebutkan peringkat kedua bersama pembalap Suzuki Alex Rins di satu seri tersisa, yakni MotoGP Portugal. (osc/jal/CNNI)