Kartika Ajie Segera Comeback

Mental Dinilai Bagus, Intensif Jalani Pemulihan Bareng Fisioterapis

NewMalangPos, Malang – Kondisi penjaga gawang Arema FC Kurniawan Kartika Ajie semakin membaik. Ajie diharuskan menepi dari lapangan sejak Agustus tahun lalu karena menderita cedera ACL (ligamen lutut anterior) saat mengikuti sesi latihan perdana usai libur. Saat ini, dirinya masih intensif menjalani pemulihan.

Dari unggahan instastorynya hampir setiap hari, Kartika Ajie memperlihatkan sesi pemulihannya dengan fisioterapis Arema FC Reta Arroyan. Video berdurasi singkat menunjukkan, bapak satu anak ini sudah bisa melakukan gerakan-gerakan kecil, seperti melompat dan berlari kecil. Semuanya dilakukan di dalam ruangan.

Reta mengonfirmasi pemulihan Kartika Ajie berjalan lancar dan baik-baik saja. Ia mengaku proses pemulihannya sudah berkembang pesat dibandik kali pertama Ajie mendapatkan cedera itu.

“Kondisinya sudah baik. Sudah sangat jauh progresnya,” kata dia kepada New Malang Pos.

Reta menjelaskan, program pemulihan dilakukan empat sampai lima hari dalam satu minggu. Setiap harinya, Kartika Ajie hanya mendapatkan satu kali sesi pemulihan. Kelancaran program pemulihan tidak lepas dari pribadi pemain yang pernah berseragam Persiba Balikpapan itu sendiri.

Reta menjelaskan, Kartika Ajie disiplin mengikuti program yang sudah dirancang. Tak ayal, hal ini berimbas pada perbaikan kondisinya secara cepat.

“Memang dia disiplin mengikuti progam dan latihannya. Di samping itu dari segi psikologisnya memang bagus, mentalnya juga,” ujar Reta.

Dengan kondisi seperti ini, tampaknya pemain kelahiran Balikpapan ini tidak lama lagi akan segera kembali merumput. Reta memperkirakan Kartika Ajie diperbolehkan untuk uji coba di lapangan paling lama bulan Mei.

“Programnya ini sudah masuk bulan kelima. Insyaallah kalau tidak ada kendala, dua sampai tiga bulan lagi bisa ke lapangan,” terangnya.

Meski begitu, Reta menyebutkan Ajie nanti akan mendapatkan sesi latihannya sendiri. Materi latihannya akan diberikan langsung oleh pelatih kiper. Ia tidak bisa memastikan apakah cedera yang sama dapat terulang. Sebab, cedera ACL sangat wajar terjadi di dunia olahraga, terlebih di sepak bola.

“Kalau peluang cedera yang sama berulang itu haknya dokter untuk menjawab,” kata Reta.

Terlepas dari cederanya, Ajie memang sudah lama tidak menjaga gawang tim Singo Edan. Tercatat, ia terakhir kali turun pada akhir tahun 2019. Waktu itu, Arema FC harus tunduk dari tuan rumah PSIS Semarang 5-1 dalam lanjutan Liga 1 pekan 31. (dj8/ley)