Kamaru Usman, Juara UFC yang Jarang Menang KO

Kamaru Usman jarang menang KO/TKO. (Isaac Brekken/Getty Images/AFP)

NEW MALANG POS – Kamaru Usman merupakan juara kelas welter UFC namun ia jarang menang KO/TKO dalam kariernya. Usman kini bersiap menghadapi Jorge Masvidal di UFC 251.

Usman terbilang telat memasuki dunia MMA karena baru tampil di umur 25 tahun pada 2012. Sejak debut hingga saat ini, Kamaru Usman baru melakoni 17 pertarungan dengan hasil 16 kemenangan dan satu kekalahan.

Namun sejak bergabung dengan UFC pada 2015, Usman tidak pernah kalah dalam 10 pertandingan yang telah ia lakoni.

Di balik rekor impresif tersebut, Usman memiliki rasio kemenangan KO/TKO yang terbilang kecil. Kamaru Usman hanya tujuh kali menang KO/TKO dari 16 kemenangan alias 43,75 persen.

Dilaporkan CNN Indonesia, Usman juga tak banyak memenangkan laga dengan submission karena ia hanya satu kali melakukan hal tersebut. Kemenangan terbanyak Usman didapat lewat kemenangan angka.

Sejak masuk UFC, Usman juga punya catatan kemenangan KO/TKO yang kecil. Dari 10 pertarungan yang dimenangkan, Usman hanya dua kali meraih kemenangan KO/TKO.

Namun dalam duel terakhir lawan Colby Covington, Usman mampu mencatatkan kemenangan TKO. Di pengujung ronde kelima, pukulan Usman membuat Covington tersungkur dan wasit pun menghentikan pertandingan.

Usman akan menghadapi Masvidal di UFC 251. Laga Usman lawan Masvidal adalah laga pengganti karena Usman sebelumnya dijadwalkan menghadapi Gilbert Burns.

Burns batal tampil di UFC 251 karena gagal dalam tes corona. (ptr/nva/CNNI)