Bek Jangkung Tiba, Disiapkan Lawan Persija

NEW MALANG POS – Arema FC mulai aktif di bursa transfer pemain asing sesi kedua musim ini. Setelah berpisah dengan dua pemainnya, Jonathan Bauman dan Oh In-kyun, yang kemudian disusul Matias Malvino dan Elias Alderete, Senin (28/9) kemarin, tim berjuluk Singo Edan ini sudah mendapatkan gantinya. Salah satunya Caio Ruan Lino de Freitas, bek jangkung asal Brasil.

Caio sudah datang di Malang kemarin, beriringan dengan pernyataan manajemen Arema FC melepas Matias dan Elias. Pemain dengan tinggi 190 cm itu juga sudah menjalani swab test di Kandang Singa, sekitar pukul 11.30 WIB.

“Dia sudah datang di Indonesia Jumat (25/9). Setelah landing di Jakarta jam tiga sore, dia flight ke Surabaya malam harinya, dan ke Malang pagi ini (kemarin, red),” ujar General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Menurut Ruddy, kehadiran Caio dengan beberapa pertimbangan. Selain penawaran dari agen pemain, setelah berdiskusi dengan direksi di Jakarta serta tim pelatih, Arema FC melepas Matias dan akhirnya mendatangkan Caio. Usai memberikan offer letter, sang pemain pun didatangkan ke Indonesia.

“Matias ini sekarang masih di negaranya dan kesulitan datang ke Indonesia. Lalu, kontraknya juga berakhir di bulan November. Kalau dihitung-hitung, nanti Desember sampai Februari kami butuh pemain asing. Nah, bursa transfer juga berlaku September- Oktober ini. Tim pelatih sudah melihat videonya. Menurut mereka bagus dan akhirnya sepakat untuk mendatangkannya,” papar dia.

Pria asal Madiun itu menuturkan, manajemen pun berusaha mendatangkannya dan membereskan urusan kontrak. Namun sebelum itu, sang pemain harus melewati ujian tes medis serta dilihat penampilannya secara langsung oleh tim pelatih.

“Pelatih meminta dia harus menuntaskan tes medis, baru ikut latihan. Makanya, tadi setelah swab, dia tes medis. Mungkin besok (hari ini) dia baru latihan,” tambahnya.

Ruddy mengakui, sang pemain belum dikontrak. Prediksinya, bila tidak ada kendala pada hasil tes medisnya dan pelatih tidak mempermasalahkan sesi latihan Caio hari ini, maka mantan bek Sao Paulo ini akan dikenalkan secara resmi Rabu (30/9) besok.

Lantas, pria berusia 49 tahun ini mengatakan, sang pemain ditargetkan bisa diturunkan di pekan keempat ini, begitu lanjutan Liga 1 2020 ini kick off. Oleh sebab itu, Caio sudah didaftarkan tes usap, kemarin.

“Ya harapannya dia sudah bisa bermain melawan Persija. Karena dengan tidak adanya Malvino, kami membutuhkan pemain tersebut di lini belakang,” sebut Ruddy.

Caio sendiri tidak banyak berbicara ketika datang dan menjalani tes swab. Sebab, dia hanya bisa berkomunikasi dengan Bahasa Portugis. Ia hanya mengucapkan senang bisa bergabung dengan Arema FC. Setelah itu, dia buru-buru meninggalkan Kandang Singa untuk segera menjalani tes medis.

“Ia memang saya larang untuk datang ke latihan hari ini. Sebab, dia harus menjalani tes medis lebih, tidak bisa dua menit selesai. Jadi sepertinya besok dia sudah latihan,” tutur pelatih Arema FC Carlos Oliveira.

Dikatakannya, sang pemain memang bukan dirinya yang memutuskan. Hanya saja, yang ia yakin, Caio berasal dari tim yang bagus dan memiliki menu latihan bagus sebelumnya. Selain itu, secara tampilan, sebagai seorang bek tinggi besar, hal ini diyakini akan sang membantu.

“Dia pemain yang sangat besar, jadi bisa membantu di belakang. Saat maju untuk tendangan sudut misalnya, ia juga bisa melakukannya. Jadi itulah harapan saya dengan keberadaannya,” urainya.

Carlos berharap, Caio juga mendapatkan dukungan atau sambutan hangat untuk segera beradaptasi. Layaknya Carlos yang datang dan memberikan sambutan, sehingga cepat tune in dengan tim Arema. (ley/van)