Membanggakan, Kota Batu Sabet Dua Penghargaan

Anugerah Prahita Ekapraya Kategori Utama Tahun 2020 dan Kota Layak Anak Kategori Madya Tahun 2021

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Keberpihakan Pemerintah Kota Batu terhadap perempuan dan anak-anak diganjar dua penghargaan oleh Pemerintah Pusat.

Dua penghargaan tersebut adalah penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama Tahun 2020 dan penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya Tahun 2021.

Penghargaan ini diserahkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kamis (23/9).

Wali Kota Batu Dra. Hj Dewanti Rumpoko M.Si mengatakan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Batu dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Alhamdulillah, kami kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA karena kami memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender (PGU). Melalui PUG seluruh pihak di Kota Batu telah bersama-sama menjadikan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak ini sebagai agenda utama,” ujar Dewanti kepada New Malang Pos, Senin (27/9) kemarin.

Baca Juga :  Warga Desa Giripurno Ingin Pemekaran

Pihaknya menyampaikan rasa syukur atas capaian penghargaan dua tahunan tersebut. Setelah pada APE tahun 2018 Pemkot Batu meraih kategori madya dan untuk APE tahun 2020 naik tingkat menjadi kategori utama.

“Ini bukti dan wujud bahwa perempuan saat ini harus diberi hak yang sama terhadap laki-laki, tidak ada perbedaan. Pemerintah Kota Batu sangat memperhatikan hal tersebut,” beber BuDe sapaan akrabnya.

Komitmen Pemerintah Kota Batu, tertuang dalam kebijakan mulai dari penganggaran, program kegiatan dan lainnya. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerapkan kebijakan pengarusutamaan gender (PUG).

Baca Juga :  Bantuan Langsung Tunai Cair, Pemkot Batu Salurkan ke 3.325 Profesi Terdampak

“Kedepan saya berharap perempuan bisa lebih berdaya dan memajukan Kota Batu bersama-sama. Pemerintah Kota Batu juga akan tetap berkomitmen dan perempuan harus mengambil kesempatan ini sebaik-baiknya di segala lini,” tegasnya

Sementara itu, Kepala Dinas DP3AP2KB MD Forkan menjelaskan penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian PPPA sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

Kedepan, jelasnya, Pemkot Batu akan terus berupaya untuk memperbaiki kinerja agar dapat meraih penghargaan mentor. Terkait penghargaan terhadap Kota Layak Anak, Kadis DP3AP2KB menunjukan pemerintah mempunya komitmen terhadap hak dan perlindungan anak di Kota Batu.

Baca Juga :  Pembangunan Pasar Besar Tunggu DIPA Akhir April

“Bukan hanya itu, DP3AP2KB juga mendapatkan penghargaan juara 1 capaian terbaik KKP Program pembangunan keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) kategori Kota se-Jawa Timur Tahun 2020. Serta mendapat penganugerahan DAF Award 2021 untuk kategori desa terbaik yang diterima oleh Forum Anak Desa Punten,” pungkasnya. (eri)

artikel Pilihan