Maling Entok Babak Belur

Tersangka Jalil maling entok yang dimassa warga diamankan di Mapolsek Bululawang.

MALANG – Jalil, 52, warga asal Pasuruan yang tinggal di Kecamatan Gondanglegi, babak belur dihakimi massa di Desa Bakalan Kecamatan Bululawang, akhir pekan lalu.

Dia tepergok mencuri entok hias jenis hibrida milik warga sekitar.
Beruntung polisi yang mendapat laporan segera datang ke lokasi. Selanjutnya bersama barang bukti entok serta sepeda motor Honda Vario yang menjadi sarana beraksi, tersangka digelandang ke Mapolsek Bululawang.


“Tersangka ini tidak hanya sekali mencuri. Hasil pemeriksaan, sudah beberapa kali beraksi mencuri. Sasarannya selalu unggas milik warga,” ujar Kapolsek Bululawang Kompol Pudjiyono.

Baca Juga :  Todong Pistol, Rampok Sikat Uang Musala

Aksi pencurian di Desa Bakalan Bululawang, dikatakan Pudjiyono, pelaku beraksi seorang diri pada siang hari. Sebelum beraksi, dia terlebih dahulu menggambar lokasi. Kemudian mencari waktu yang tepat untuk melancarkan aksinya.

Akhirnya waktu yang dipilih hari Jumat. Tersangka terlebih dahulu sembunyi di dekat barongan. Ia menunggu warga laki-laki berangkat menunaikan ibadah Salat Jumat. Setelah dirasa aman, dia langsung beraksi.

Segala cara dilakukan tersangka, termasuk membuat entok terdiam sewaktu dipegang dan dimasukkan ke dalam karung. Aksinya pun nyaris berjalan mulus. Namun apesnya, saat mau dinaikkan ke atas motor, aksinya dipergoki korban yang langsung meneriakinya maling.

Baca Juga :  Arisan Fiktif Raup Rp 1 M

Warga yang mendengar lalu berdatangan. Selanjutnya menangkap dan menghakimi tersangka beramai-ramai. Setelah babak belur baru diserahkan ke polisi.

“Kami masih terus kembangkan kasusnya. Apakah ada tindak kejahatan lain yang dilakukannya,” tegas Pudjiyono sembari mengatakan tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian.(agp)